12 February 2018

Kenali 7 Tanda Anak Tumbuh Gigi

Kenali 7 Tanda Anak Tumbuh Gigi

Halodoc, Jakarta – Si Kecil tiba-tiba jadi lebih rewel dari biasanya? Mungkin, ia sedang mengalami fase tumbuh gigi sehingga membuatnya merasa tidak nyaman. Perlu diingat bahwa pertumbuhan gigi memang bisa menimbulkan rasa sakit dan membuat gusi terasa gatal. Inilah alasannya kenapa Si Kecil jadi lebih rewel dari biasanya. Enggak ada patokan yang pasti kapan bayi akan tumbuh gigi, jadi ibu mesti jeli mengenali tanda-tandanya, supaya bisa memberi penanganan yang tepat.

Gigi bayi sebenarnya sudah mulai berkembang di dalam gusi sejak masih di kandungan. Jadi, biasanya ibu sudah bisa melihat adanya bakal gigi saat Si Kecil berumur 3 bulan, atau bahkan ada yang sudah nampak sejak bayi baru lahir. Namun, secara umum gigi bayi akan terlihat saat ia berumur 6 bulan. Dua gigi bawah paling depan adalah yang biasa tumbuh lebih dulu kemudian diikuti dua gigi atas paling depan. Waktu pertumbuhan gigi setiap bayi berbeda-beda, tapi kebanyakan bayi menunjukkan gejala pertumbuhan gigi yang hampir sama. Berikut tanda-tanda anak tumbuh gigi yang perlu diketahui:

  1. Menangis

Proses pertumbuhan gigi yang pertama bisa terasa menyakitkan bagi bayi, karena jaringan-jaringan gusi yang masih sangat rawan bisa mengalami peradangan. Karena itu, sebagian bayi akan jadi rewel dan sering menangis ketika sedang tumbuh gigi. Untuk meredakan rasa nyeri, ibu bisa memberi Si Kecil makanan yang lembut dan dingin seperti yogurt atau mainan teether yang terbuat dari silikon yang lembut yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas sebelumnya.  

  1. Sering Mengeluarkan Air Liur

Pertumbuhan gigi merangsang mulut bayi memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya. Karena itu, jika ibu melihat Si Kecil jadi sering ngeces, mungkin itu tandanya ia sedang tumbuh gigi. Selalu bersihkan air liur bayi dengan kain lembut atau tisu yang steril agar tidak muncul ruam-ruam di sekitar mulut, dagu, dan leher bayi.

  1. Batuk-Batuk

Produksi air liur yang berlebih saat tumbuh gigi juga bisa menyebabkan Si Kecil jadi tersedak dan batuk-batuk. Jika batuk tidak disertai gejala lain seperti flu, pilek atau alergi, maka tanda pertumbuhan gigi ini tidak perlu ibu khawatirkan. Tapi jika batuk terus berlanjut hingga berhari-hari, bisa jadi Si Kecil sakit batuk karena virus atau bakteri.

  1. Sering Menggigit

Tekanan yang timbul dari gigi yang mau keluar dari gusi bisa bikin Si Kecil merasa enggak nyaman. Si Kecil akan merasa nyeri, geli, dan gatal pada gusinya, sehingga ia akan melampiaskannya dengan cara menggigit barang apapun yang ia temukan, termasuk menggigit puting ibu ketika sedang menyusu.

  1. Tidak Nafsu Makan

Karena gusinya terasa tidak nyaman, jadi wajar kalau nafsu makan Si Kecil jadi berkurang selama masa pertumbuhan gigi ini. Bahkan menghisap puting saat menyusui saja bisa membuat gusinya sakit. Jadi, ibu perlu memahami jika Si Kecil menolak menyusu atau makan makanan padat saat giginya sedang tumbuh. Agar Si Kecil tetap bisa makan, ibu bisa memberikan susu melalui sedotan.

  1. Demam

Biasanya efek samping yang akan dirasakan bayi saat gusinya mengalami peradangan pada saat tumbuh gigi adalah demam. Ibu tidak perlu khawatir karena peradangan gusi hanya menyebabkan demam ringan yang bisa ditangani dengan mudah di rumah.

  1. Sering Terbangun di Malam Hari

Rasa nyeri dan gatal pada gusi tidak hanya muncul di pagi atau siang hari saja, tapi juga saat Si Kecil tertidur di malam hari. Akibatnya, Si Kecil sering terbangun di malam hari dan menangis. Agar Si Kecil bisa tenang dan tertidur kembali, ibu bisa menggendongnya sambil menepuk-nepuk lembut bahunya atau menyanyikan lagu nina bobo.

Nah, itulah tanda-tanda anak yang sedang tumbuh gigi. Jika Si Kecil sakit atau mengalami masalah kesehatan tertentu, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami Si Kecil dan minta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.

Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat praktis, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini mempunyai fitur Lab Test yang memudahkan ibu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.