• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Gejala Omicron BA.4 dan BA.5
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Kenali 8 Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Juni 2022

“Kasus COVID-19 di Indonesia mengalami lonjakan seiring munculnya varian Omicron BA.4 dan BA.5. Gejalanya yang perlu diwaspadai termasuk batuk, rasa lelah berlebihan, hidung tersumbat, demam, sesak napas, diare dan anosmia.”

Kenali 8 Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Halodoc, Jakarta – Kasus corona varian Omicron BA.4 dan BA.5 menembus seribu kasus harian dalam sepekan terakhir. Per 21 Juni 2022 lalu, grafik kasus ada di angka 1.678 orang. Dengan demikian, sudah ada  6.070.933 orang yang terkonfirmasi pernah terserang COVID-19. 

Waspadai Gejala Omicron BA.4 dan BA.5

Virus corona varian Omicron BA.4 dan BA.5 punya ciri gejala lebih ringan ketimbang varian sebelumnya. Minimnya gejala ini karena imunitas kelompok atau herd immunity yang sudah terbentuk. Gejala Omicron BA.4 dan BA.5 memang tidak menimbulkan keparahan. Namun, penularannya sangat cepat. 

Gejalanya sama dengan varian virus corona yang lain yaitu:

  1. Batuk yang dialami oleh 89 persen pengidap.
  2. Fatigue atau kelelahan yang dialami oleh 65 persen pengidap.
  3. Hidung tersumbat atau rinore yang dialami oleh 59 persen pengidap.
  4. Demam yang dialami oleh 38 persen pengidap.
  5. Mual atau muntah yang dialami oleh 22 persen pengidap.
  6. Sesak napas yang dialami oleh 16 persen pengidap.
  7. Diare yang dialami oleh 11 persen pengidap.
  8. Anosmia atau ageusia yang dialami oleh 8 persen pengidap.

Studi dalam jurnal SARS-CoV-2 Omicron BA.2.12.1, BA.4, and BA.5 subvariants evolved to extend antibody evasion menunjukkan bahwa vaksinasi tidak efektif untuk mencegah paparan BA.4 dan BA.5. Dengan kata lain, setiap orang memiliki risiko yang sama besar untuk terpapar.

Mudah Bereplikasi di Sel Paru Manusia

Jurnal Omicron sub-lineages BA.4/BA.5 escape BA.1 infection elicited neutralizing immunity menyebutkan, para peneliti di Tokyo mengatakan versi baru Omicron lebih berisiko menyebabkan gejala parah. Peneliti menemukan bahwa BA.4 dan BA.5 lebih mudah bereplikasi di sel paru-paru manusia dan berpotensi menimbulkan masalah lebih besar ketimbang varian sebelumnya yaitu BA.2. 

Omicron BA.4 dan BA.5 mempertahankan beberapa mutasi dari varian Delta, termasuk bagian dari genom yang disebut residu L452. Mutasi ini mengubah protein lonjakan untuk membantu virus menempel lebih baik pada reseptor ACE2 di sel manusia dan menyebabkan penyakit.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut seputar gejala Omicron BA.4 dan BA.5, silakan tanya dokter di Halodoc. Kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya dengan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2022. What We Know About Omicron BA.4 and BA.5.
MedRxiv. Diakses pada 2022. Omicron sub-lineages BA.4/BA.5 escape BA.1 infection elicited neutralizing immunity.
Very Well Health. Diakses pada 2022. What We Know About Omicron BA.4 and BA.5.
CNBC Indonesia. Diakses pada 2022. Ciri-ciri Covid Omicron BA.4 & BA.5, Waspadai Gejala Ini.