20 April 2018

Kenali 8 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak dan Gejalanya

Kenali 8 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak dan Gejalanya

Halodoc, Jakarta — 8 jenis kanker ini sering menyerang anak-anak. Kenali gejala penyakit kanker pada anak ini agar bisa melakukan penanganan sedini mungkin.

Leukemia

Leukemia atau kanker darah adalah kanker yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Leukemia bila ditangani dengan baik mempunyai harapan sembuh. Gejalanya bisa dikenali dengan demam yang tak jelas sebabnya, pucat, pendarahan yang tidak jelas sebabnya, nyeri tulang, dan pembengkakan perut.

Tumor Otak

Tumor otak dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat karena terletak di dalam rongga tengkorak. Gejalanya adalah sakit kepala disertai mual sampai muntah, daya penglihatan berkurang, penurunan kesadaran, atau perubahan perilaku.

Retinoblastoma

Retinoblastoma atau kanker mata juga sering juga dijumpai pada anak. Gejalanya adalah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang bersinar apabila terkena cahaya, penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling, dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar.

Limfoma

Limfoma maligna atau kelenjar getah bening adalah kanker yang biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran dapat terjadi di daerah leher, ketiak, atau pangkal paha.

Neuroblastama

Neuroblastoma adalah jenis kanker saraf yang gejalanya tergantung pada letaknya. Neuroblastoma dapat terjadi di leher, rongga dada, dan mata. Bila terdapat di daerah mata bisa menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun, dan pupil menyebar. Bila terdapat di tulang belakang, dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan.

Tumor Wilms

Tumor Wilms adalah kanker ginjal yang paling sering dijumpai pada anak. Gejalanya adalah kencing berdarah, rasa tidak enak di daerah perut, dan bila sudah cukup besar akan terasa keras bila diraba.

Rabdomiosarkoma

Kanker ini bisa dijumpai pada otot, biasanya pada anak di daerah kepala, leher, kandung kemih, prostat, dan vagina. Gejalanya tergantung pada letak kanker. Bila pada ronggga mata, menyebabkan mata menonjol. Sedangkan, jika di telinga menyebabkan nyeri atau keluarnya darah dari lubang telinga. Kemudian, jika di tenggorokan menyebabkan sumbatan jalan nafas. Lalu, jika terdapat di saluran kemih menyebabkan gangguan buang air kecil atau air seni berdarah.

Osteosarkoma

Osteosarkoma atau kanker pada tulang. Pembengkakan yang cepat apabila disertai rasa nyeri pada tulang perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang.

Kenali tanda-tanda gejala kanker pada anak ini agar bisa segera melakukan pencegahan. Jika menemukan gejalanya, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Kamu bisa bertanya kepada para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.