20 August 2018

Kenali Acroyoga, Olahraga Hits Para Selebriti

Acroyoga, manfaat acroyoga

Halodoc, Jakarta – Acroyoga termasuk olahraga hits yang banyak dilakukan oleh para selebriti. Ini adalah jenis olahraga yang dilakukan dua orang dengan mengombinasikan gerakan akrobatik dan yoga. Saat melakukannya, dibutuhkan kerjasama yang apik untuk membentuk gerakan akrobatik yang sempurna. Itu mengapa orang-orang yang terlibat dalam acroyoga memiliki tiga peran, yaitu base, flyer, dan spotter.

Baca juga: 5 Olahraga yang Digilai Generasi Millennial

Base adalah orang yang bertugas untuk menyangga tubuh partner saat melakukan gerakan dengan posisi tidur telentang. Flyer adalah orang yang gerakannya lebih dinamis, karena ia bertugas untuk membentuk gerakan akrobatik. Sedangkan, spotter adalah orang ketiga yang bertugas untuk menjaga posisi base dan flyer agar tetap stabil dan tidak terjatuh.

Manfaat Acroyoga untuk Kesehatan   

Melakukan acroyoga tidak boleh sembarangan. Sebab, olahraga ini membutuhkan keseimbangan dan kekuatan otot tubuh yang baik agar kamu tidak terjatuh dan cedera. Meski begitu, jika dilakukan secara tepat (terutama dengan bimbingan instruktur), olahraga ini bisa bermanfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat acroyoga untuk kesehatan?

1. Melatih  Kekuatan Otot

Gerakan dalam acroyoga melibatkan otot-otot tubuh. Sehingga, jika dilakukan secara benar, olahraga ini bisa melatih dan meningkatkan kekuatan otot, terutama otot kaki, perut, tangan, dan otot-otot besar. Selain itu, gerakan pada acroyoga juga bisa membantu pembentukan otot-otot tubuh, seperti otot kaki, tangan, dan dada. Ini karena saat melakukannya, base dan flyer diharuskan untuk menopang berat tubuh dengan tangan, kaki, dan dada.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Jika kamu memiliki tulang punggung yang bungkuk atau kurang proporsional, acroyoga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Ini karena beberapa gerakan acroyoga, seperti kayang di atas kaki dengan membuka dada bisa membantu menegakkan tulang yang membungkuk dan mengurangi nyeri pada punggung. Itu mengapa olahraga ini bisa membantu kamu memperbaiki postur tubuh.

Baca juga: Perbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk dengan Latihan Ini

3. Relaksasi dan Mengharmoniskan Hubungan

Sama halnya dengan olahraga lain, gerakan dalam acroyoga bisa merangsang produksi endorfin (hormon pencipta rasa senang) dan menurunkan produksi kortisol (hormon penyebab stres). Selain itu, rasa percaya satu sama lain dan komunikasi yang terjalin selama berolahraga juga bisa berdampak positif pada hubungan seseorang, baik hubungan pertemanan dan percintaan. Jika pun kamu melakukannya dengan orang yang baru dikenal, olahraga ini bisa membuat hubungan terjalin dengan lebih cepat.

4. Mengencangkan Miss V

Pada wanita, acroyoga bisa membantu mengencangkan Miss V. Ini karena gerakan-gerakan dalam acroyoga banyak yang melibatkan paha, sehingga bisa mempengaruhi kekuatan otot disekitarnya termasuk mengencangkan Miss V.

Itulah manfaat acroyoga yang perlu diketahui. Kalau kamu berencana untuk melakukannya, pastikan untuk mendapat pendampingan dari instruktur atau pelatih acroyoga. Sebab jika dilakukan sembarangan, olahraga ini justru bisa membahayakan diri kamu dan partner olahraga. Pastikan juga kamu sudah terbiasa berolahraga sebelum melakukan acroyoga. Karena tanpa olahraga teratur, kamu akan mengalami kesulitan untuk melakukan gerakan-gerakan dalam acroyoga.

Baca juga: 5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar acroyoga, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!