• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Arti Hypoallergenic dalam Produk Skincare
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Arti Hypoallergenic dalam Produk Skincare

Kenali Arti Hypoallergenic dalam Produk Skincare

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Oktober 2022

“Sering ada pada produk skincare, hypoallergenic tidak menjamin suatu produk aman. Jadi, sangat penting untuk membaca label secara cermat.”

Kenali Arti Hypoallergenic dalam Produk SkincareKenali Arti Hypoallergenic dalam Produk Skincare

Halodoc, Jakarta – Penting untuk hati-hati saat memilih produk skincare, terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Salah satu “jalan pintas” untuk memilih skincare yang aman adalah dengan mencari yang berlabel hypoallergenic

Namun, apa yang dimaksud dengan hypoallergenic? Apakah skincare dengan label ini sudah terjamin aman untuk kulit yang sensitif? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Hypoallergenic?

Ada begitu banyak standar yang tidak ditentukan dalam industri kosmetik, hypoallergenic hanyalah salah satunya. Namun, penggunaan istilah ini di bidang kosmetik tidak benar-benar diatur pemerintah atau didefinisikan dengan jelas. 

Pada dasarnya, ini secara teknis termasuk dalam kategori klaim pemasaran. Ini berarti bahwa setiap merek memiliki otonomi untuk menentukan apa arti istilah ini dalam konteks produk mereka.

Biasanya, sebagian besar merek menggunakan istilah hypoallergenic untuk menandakan bahwa suatu produk mengandung lebih sedikit bahan yang diketahui menyebabkan reaksi alergi. Penekanan pada “lebih sedikit” karena ada begitu banyak alergen yang diketahui.

Selain itu, tidak ada standar universal yang mengatur tentang apa bahan diklasifikasikan sebagai “alergen yang diketahui”. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk memastikan bahwa suatu produk tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada 100 persen pengguna.

Jadi, tidak ada jaminan bahwa produk skincare yang mengklaim hypoallergenic sudah pasti aman. Seperti yang dijelaskan, tidak ada cara bagi konsumen untuk benar-benar yakin bahwa produk berlabel hypoallergenic tidak akan menyebabkan reaksi alergi. 

Tidak mungkin untuk memastikan bahwa tidak satu pun dari jutaan konsumen yang mungkin membeli suatu produk tidak alergi terhadap sesuatu dalam formulanya. Cara terbaik untuk melindungi diri dari reaksi alergi adalah mengetahui bahan apa yang membuat kamu alergi atau sensitif sebelum menggunakannya, dan selalu periksa komposisi bahan pada kemasan.

Tips Membaca Label Produk Skincare

Mengetahui cara membaca label produk benar-benar dapat menyelamatkan hidup kamu, termasuk dalam urusan skincare. Alih-alih percaya sepenuhnya pada klaim hypoallergenic, berikut ini tips membaca label produk sebelum membelinya:

1. Lihat Daftar Bahan

Hal pertama yang harus dilihat dalam produk skincare atau kosmetik apa pun adalah daftar bahannya. Bahan-bahan tercantum dalam urutan berapa banyak dalam produk relatif terhadap bahan-bahan lainnya. Ini dikenal sebagai konsentrasi.

Misalnya, jika air menjadi item pertama dalam daftar bahan, itu berarti air adalah bahan yang paling banyak terdapat dalam produk. Semakin terakhir disebut, maka konsentrasi bahan tersebut yang paling sedikit.

2. Cek Bahan Aktif

Beberapa label mencantumkan bahan aktif dan tidak aktif secara terpisah. Semua bahan kemungkinan akan bersentuhan dengan kulit, jadi pastikan untuk memeriksa semuanya.

3. Perhatikan Nama Kimia

Meski sudah membeli produk berlabel hypoallergenic, penting untuk memerhatikan bahan yang disebut dengan nama kimianya. Sebagian besar label akan menggunakan nama kimia yang mungkin terdengar berbahaya, tetapi mungkin tidak. 

Soda kue biasa, misalnya, dapat terdaftar sebagai soda bikarbonat atau natrium bikarbonat. Meski mungkin terdengar berbahaya, sangat sedikit orang yang alergi terhadap itu. 

4. Pahami Nama-Nama Bahan Nabati

Zat tanaman yang mungkin membuat kamu alergi dapat dicantumkan dengan nama latinnya. Misalnya, marigold biasa, yang menyebabkan alergi pada sejumlah kecil orang, mungkin terdaftar sebagai Calendula officinalis. Lavender mungkin terdaftar pada label sebagai Lavandula angustifolia.

Dalam sistem klasifikasi ilmiah, nama depan (diawali dengan huruf kapital) mengacu pada genus tumbuhan. Nama kedua (diawali dengan huruf kecil) mengacu pada spesies.

Lavandula adalah genus untuk semua tanaman lavender. Spesies yang paling umum adalah angustifolia. Namun ada juga yang lain, seperti Lavandula latifolia atau Lavandula dentata.

Jika kamu memiliki alergi atau sensitivitas tanaman, kenali nama genusnya dan cari di label. Bila kamu alergi terhadap satu spesies lavender, kamu mungkin alergi terhadap spesies sejenis.

Itulah pembahasan mengenai arti hypoallergenic dalam produk skincare dan tips yang mungkin berguna. Jika masih bingung, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter kulit melalui chat.

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. What Hypoallergenic Really Means in Skincare and Cosmetics.
Healthline. Diakses pada 2022. Hypoallergenic: Is There Really Such a Thing?