• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit

Kenali Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Januari 2022

“Buah naga merupakan buah unik berwarna merah yang memiliki rasa yang lezat. Menariknya lagi, ternyata buah naga juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Contohnya menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, mengurangi jerawat, hingga melawan tanda penuaan dini pada kulit.”

Kenali Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit

Selain penampilannya yang cantik, manfaat buah naga juga banyak. Buah merah ini mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi, yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Di samping itu, buah ini juga dapat membantu mengatasi  masalah yang berhubungan dengan kulit. Misalnya seperti tanda-tanda penuaan, jerawat, dan kulit terbakar. 

Penasaran manfaat buah naga bekerja untuk kesehatan kulit? Simak penjelasan berikut:

  1. Membantu Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari
menenangkan kulit

Buah naga sarat dengan vitamin B3 yang mampu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Manfaat buah naga juga dapat mengatasi peradangan, kemerahan dan gatal yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV). Selain itu juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. 

  1. Membantu Mengurangi Jerawat
mengurangi jerawat

Ketika dioleskan, buah naga dapat membantu mengurangi jerawat berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Antioksidan ini mencegah kulit dari kerusakan dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. 

  1. Membuat Kulit Bersinar
membuat kulit bersinar

Vitamin C dalam buah naga dapat mengatasi kulit kusam dan membuat kulit terlihat segar. Selain itu mengonsumsi buah naga secara rutin dapat memberikan efek peremajaan kulit. 

  1. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas
mencegah kerusakan radikal bebas

Radikal bebas dapat merusak sel dan menyebabkan stres oksidatif, sehingga membuat kulit terlihat kusam dan kering sepanjang waktu. Selain itu radikal bebas dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengaplikasikan masker dari buah naga langsung. Dengan begitu kulit kusam akibat radikal bebas akan membaik.

  1. Membantu Melawan Penuaan Dini
melawan penuaan dini

Gaya hidup yang buruk, kurang tidur, kerusakan akibat radikal bebas, pola makan yang buruk, dan kerusakan akibat sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan kulit. Jadi jangan heran, jika tanda-tanda penuaan dini mulai tampak jika menjalani gaya hidup yang buruk. 

Namun, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, dan menjadikan buah naga sebagai masker untuk mencegah radikal bebas yang merusak kulit. Kulit pun akan tampak lebih muda.

  1. Melembabkan Kulit Secara Alami
melembabkan kulit

Manfaat buah naga untuk kulit lainnya adalah pelembab alami. Hal tersebut karena buah naga mengandung sekitar 80 persen air dan mengandung dengan vitamin dan antioksidan penting untuk kulit. 

Nah, itulah manfaat buah naga untuk kesehatan kulit yang mungkin tidak kamu sangka. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan buah naga yaitu dengan mengoleskannya langsung pada kulit. 

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai cara menjaga kesehatan kulit atau memiliki masalah kulit, bisa kok bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet
NDTV Food. Diakses pada 2021. Dragon Fruit For Skin: Here’s How You Can Use The Beautiful Fruit To Get A Glowing Skin