16 January 2018

Kenali Manfaat Jalan Kaki Tiap Hari

Kenali Manfaat Jalan Kaki Tiap Hari

Halodoc, Jakarta – Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga sederhana yang memiliki banyak manfaat. Dengan gerakan yang sederhana dan tak butuh biaya, berjalan kaki ternyata mampu memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dapat menurunkah berat badan. Benarkah?

Mengutip berbagai sumber, berjalan kaki disebut mampu meningkatkan stamina tubuh, membakar kalori hingga menjaga kesehatan jantung. Sejumlah ahli meyarankan untuk berjalan kaki setidaknya 150 menit dalam satu minggu. Malah untuk menjaga kesehatan, seseorang dianjurkan untuk berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap hari atau sekitar 6 kilometer.

Untuk menurunkan berat badan, ada teknik jalan kaki yang disebut dengan “power walking” atau berjalan cepat. Teknik ini disebut efektif untuk menurunkan bobot tubuh tentunya dengan diimbangi pola makan sehat yang penuh gizi. Mau coba menerapkannya?

Menurunkan berat badan dengan power walking

Power walking adalah teknik berjalan yang dengan kecepatan yang berbeda dengan jalan kaki biasa. Prinsip pada teknik ini adalah semakin cepat kamu berjalan, maka semakin banyak kalori yang akan dibakar. Karena tubuh terutama kaki membutuhkan energi lebih untuk melakukannya sehingga pembakaran kalori pun terjadi lebih cepat.

Untuk melakukan teknik ini, kamu harus menaikkan kecepatan berjalan hingga 5 sampai 7 kilometer per jam. Selain meningkatkan kecepatan, dalam teknik ini juga perlu untuk menambah panjang langkah kaki. Artinya, kamu harus melangkah lebih jauh dibanding jalan kaki biasa.

  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan saat kamu melakukan jalan cepat. Di antaranya:

  • Gunakan tumit sebagai tumpuan untuk menjejakkan kaki
  • Kemudian, saat akan bergerak maju pindahkan tumpuan pada seluruh telapak kaki sambil bergerak maju
  • Pastikan punggung tetap tegak selama berjalan cepat
  • Hindari berjalan dengan menundukkan kepala dan posisi punggung yang tidak nyaman
  • Ayunkan kedua tangan mengikuti irama kaki

Tips tersebut telah terbukti ampuh dan membuat penerapan teknik ini menjadi lebih mudah. Jika kamu melakukannya dengan benar, berjalan kaki dengan cepat dapat membakar hingga 560 kalori dalam satu jam. Biar lebih aman, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum memulai latihan ini.

Jalan cepat bisa dijadikan alternatif untuk berolahraga. Kamu bisa mengombinasikan olahraga selama seminggu agar tidak bosan dan tetap memiliki semangat. Misalnya jika kamu sudah tiga hari berolahraga lari atau jogging, kamu bisa mengisi hari keempat sampai keenam dengan olahraga jalan cepat.

Sejumlah ahli menyebut, agar lebih efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya latihan ini dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Berikut perhitungan kalori yang dibakar jika kamu rutin melakukan jalan cepat:

  1. Jalan cepat 30 menit

Mulailah dengan pemanasan dan lakukan jalan cepat selama 5 menit. Setelah itu, naikkan kecepatan jalan sesuai dengan kemampuan tubuh. Melakukan teknik ini selama 30 menit dapat membakar sekitar 220 kalori. Sebelum mengakhiri latihan ini, lakukan pendinginan dengan berjalan santai selama 5 menit.

  1. Jalan cepat 60 menit

Membakar lebih banyak kalori dibutuhkan intensitas jalan kaki yang lebih tinggi dan waktu yang lebih panjang. Cobalah trik berikut untuk membakar sekitar 355 kalori.

Mulai olahraga dengan pemanasan berupa jalan santai selama 5 menit. Lalu lanjutkan dengan jalan cepat selama 5 menit. Kurangi sedikit kecepatan berjalan dan pertahankan kecepatan ini selama satu menit. Lalu, kembali lakukan power walking selama 5 menit. Ulangi ritme ini sampai 6 kali berselang-seling.

  1. Jalan cepat 90 menit

Dengan waktu dan intensitas yang lebih tinggi, maka jumlah kalori yang akan dibakar pun semakin banyak. Lakukan jalan cepat selama 90 menit dengan cara memulai pemanasan jalan santai selama 5 mneit, kemudian jalan cepat selama 2 menit lalu mulai kurangi kecepatan secara perlahan. Ulangi gerakan ini selama 15 kali dan tubuh akan membakar hingga 405 kalori.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat dengan Halodoc. Kamu juga bisa membeli obat dan menjadwalkan pemeriksaan laboratorium. Yuk, download sekarang!