Kenali Manfaat "Kissing" Bagi Kesehatan Kamu & Pasangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali Manfaat "Kissing" Bagi Kesehatan Kamu dan Pasangan

Halodoc, Jakarta – Mengekspresikan cinta didalam sebuah hubungan suami-istri dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berciuman atau “kissing”. Mesikpun banyak pro-kontranya, namun dengan mengecup bibir pasangan, kamu pun bisa memperoleh berbagai manfaat positif bagi kesehatan. Selain itu, dengan “kissing” pun maka kamu akan semakin terasa disayang dan diperhatikan oleh si Dia yang membuatmu merasa tenang serta nyaman.

Ketika kamu melakukan berciuman dengan pasangan, ternyata sel-sel yang ada didalam tubuh pun beraksi dan kamu pun menjadi fokus pada bibir pasangan. Namun, tahukah kamu? Aktivitas berciuman bibir dengan pasangan ini, memengaruhi kesehatan kamu dan pasangan, lho. Yuk, ketahui beberapa manfaat “kissing” bagi kesehatanmu, dibawah ini:

Merubah kondisi mood
Kondisi mood atau suasana hati yang tak baik, tentunya akan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Kondisi hati yang bagus, membuat kamu menjadi produktif. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kondisi mood tersebut, berciuman dengan pasangan dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki suasana hati.

Aktivitas berciuman ini nyatanya dapat meningkatkan kadar oksitosin – zat kimia pada otak manusia yang berhubungan dengan kepercayaan dan suatu ikatan. Hormon endorphin dan dopamine pun yang dikeluarkan setelah melakukan “kissing” ini dipercaya dapat membuat mood menjadi bagus.

Say Bye!” pada stres
Stres atau adanya beban pikiran yang berkepanjangan tentulah akan berisiko mengalami depresi. Kadar stres yang dialami oleh setiap orang tentu berbeda. Untuk mengatasi stres, kamu dapat melakukan beberapa cara yang positif yang dapat dilakukan seperti melakukan ciuman romantis dengan si Dia. Penelitian yang telah dilakukan, menemukan bahwa pasangan yang sering berciuman dapat melepaskan hormon kortisol/hormon stres yang tentunya bisa membuat kamu menjadi lebih rileks. Stres hilang, kamu dan pasangan pun menjadi lebih bahagia.

Membakar lebih banyak kalori
Tak dapat dipungkiri, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membakar kalori yang ada di tubuh kamu. Cara sederhana untuk menghilangkan kalori pun, yaitu dengan “kissing”. Berdasarkan penelitian, berciuman dapat membakar kalori bahkan hingga dua hingga enam kalori setiap menitnya. Mengapa demikian? Karena otot-otot wajah bekerja keras saat aktivitas berlangsung, khususnya jika kamu melakukan deep kiss yang membuat 24 otot wajah dan 100 otot lainnya pada tubuh bekerja.

Daya tahan tubuh meningkat
Saat kamu berciuman dengan pasangan, nyatanya daya tahan tubuh pun meningkat. Hal ini dikarekanakan, berkumpulnya bakteri yang terjadi pada mulut, membuat tubuh kamu bisa mengenali bakteri baru. Jurnal Medical Hypotheses pun mengatakan bahwa dengan ciuman, maka kamu akan kebal pada cytomegalovirus – virus yang menyebabkan gangguan saat masa kehamilan dan bahkan bisa menyebabkan bayi lahir tidak normal.

Selain daya tahan tubuh meningkat, manfaat yang didapat dari berciuman pun yaitu dapat dijadikan sebagai latihan kardiovaskular ringan agar jantungmu tetap terjaga kesehatannya. Jantung dan denyut nadi pun akan terpompa secara teratur, lho.

Terjaganya kesehatan gigi
Gigi yang tak terjaga dari adanya penumpukan makanan, akan menimbulkan plak didalam gigi yang nantinya akan membuat mulut mengeluarkan bau yang tak sedap. Untuk mengatasi banyaknya plak pada gigi, kamu dapat melakukan aktivitas “kissing” tersebut. Air liur yang timbul saat kamu dan pasangan berciuman, bisa menyingkirkan bakteri di gigi. Serta air liur pun ternyata dapat merontokkan plan yang menempel di gigi. Namun, ini bukan berarti kamu tidak perlu berdiskusi secara rutin ke dokter gigi, ya. 

Ayo, mulai dari sekarang jangan ragu untuk cari tahu apa saja manfaat dari berciuman. Untuk dapat mengetahui keuntungan lainnya dari “kissing”, kamu dapat langsung tanyakan pada dokter ahli yang ada di aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubunginya melalui pilihan metode Voice/Video Call dan Chat di Halodoc menggunakan smartphone, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan untuk menunjang kesehatan kamu dengan membeli obat ataupun vitamin di fitur Apotik Antar yang akan diantar dalam waktu 1 Jam. Yuk! download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.