20 July 2018

Kenapa Bayi Sering Menggigiti Puting Saat Menyusu

bayi gigit puting saat menyusu, mengatasi bayi senang menggigit puting, puting ibu

Halodoc, Jakarta – Pasti ibu pernah memiliki pengalaman digigit oleh bayi saat sedang menyusui. Ternyata, ada beberapa penjelasan kenapa bayi senang gigit puting saat menyusu. Penjelasan pertamanya adalah bayi menggerogoti apa pun yang mengurangi rasa sakit karena tumbuh gigi. Selain itu, sesuatu yang tidak dibayangkan adalah bayi menggigit sebagai tanda kasih sayang.

Hal ini sejatinya tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga pada mamalia lain. Contohnya saja lumba-lumba yang kadang menggigit puting induknya begitu keras sampai terkadang melukai induknya. Setelah mengetahui informasi ini, ada baiknya ibu tidak terlalu reaktif saat bayi menggigit puting di kala menyusui. Ada beberapa tips yang sebaiknya ibu lakukan ketika bayi gigit puting saat menyusu.

  • Kendalikan Reaksi dan Rasa Sakit 

Lakukan yang terbaik untuk mengendalikan reaksi ibu. Biasanya secara refleks ibu hamil lebih bisa mengendalikan rasa terkejut karena hormon yang keluar saat menyusui. Kalau bisa, tahan jeritan mengaduh ibu untuk menghindari trauma pada bayi. Pada situasi tertentu, bayi justru menolak menyusui lagi karena terkejut akan reaksi ibu. Bayi terkesan mendapat pesan ibu marah atau pun payudara ibu akan diambil darinya alias tidak bisa menyusui lagi. Baca juga: 5 Cara Agar Anak Tetap Dekat dengan Ibu yang Bekerja

  • Dorong Kepala Bayi ke Payudara

 Mendorong bayi semakin mendekat ke payudara akan membuat bayi meregangkan gigitan. Kalau ibu malah menarik payudara menjauh dari bayi justru malah membuat bayi semakin kuat menggigit dan tidak mau melepas gigitan. Kalau ibu mendorong atau pun menekankan kepala bayi ke payudara, sehingga menutupi hidungnya ini akan membuat bayi melepas gigitan karena harus mengambil nafas.

  • Beri Bayi Sesuatu Lain yang Bisa Digigitnya 

Ketika menyusui bayi, ada baiknya jari-jari ibu tetap berjaga-jaga di antara puting dan mulut bayi. Sehingga, ketika bayi menggigit puting, ibu bisa menyelipkan jari untuk digigit sebagai ganti puting. Selain itu, ibu juga bisa menyediakan mainan yang aman untuk digigit bayi untuk mendinginkan gusinya dari rasa gatal.

  • Pelajari Kebiasaan Bayi Menggigit

 Biasanya, bayi mulai suka menggigit puting menjelang akhir siklus menyusui. Pada momen ini, biasanya mereka sudah mendapatkan asupan susu yang cukup, sehingga maunya hanya bermain-main saja. Trik yang bisa dilakukan ibu adalah melepaskan bayi dari payudara saat bayi memperlambat intensitas hisapannya. Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kebiasaan Bayi Memasukkan Benda ke Mulut

  • Coba Teknik Pull-off dan Put-down.

 Ibu juga bisa mencoba teknik ini dengan cara melepas hisapan bayi dan meletakkannya di tempat tidur saat bayi mulai beraksi menggigit puting. Namun lakukan dengan cara yang tegas dan tidak kasar, jangan biarkan bayi merasa ini sebagai hukuman melainkan teguran. Biarkan bayi tahu secara natural kalau menggigit puting payudara itu tidak baik. Biarkan bayi tahu melalui bahasa tubuh ibu.

Selain hal-hal yang diuraikan di atas tadi, alasan kenapa bayi menggigit puting saat menyusu karena merasa terganggu. Bisa jadi saat bayi menyusu, ibu terlalu sibuk membelai pipi atau kepala bayi, sehingga bayi merasa terganggu dan sebagai peringatan dia menggigit puting. Pasokan air susu yang berkurang juga membuat bayi panik dan bereaksi dengan menggigit.

Punya banyak pertanyaan lain seputar proses menyusui dan kebiasaan bayi menggigit puting, atau informasi kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.