Kerja depan Layar PC, Mata Butuh Olahraga Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kerja depan Layar PC, Mata Butuh Olahraga Ini

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga adalah kunci untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Dan ternyata seluruh bagian tubuh manusia membutuhkan olahraga. Termasuk mata. Apalagi kalau pekerjaan menuntut kamu untuk menatap layar komputer sepanjang hari.

Seharian menatap layar komputer (PC) atau laptop nyatanya dapat memicu gangguan penglihatan. Terlalu lama terpapar radiasi dari layar PC dapat membuat mata merasa lelah dan mengalami Computer vision syndrom. Yaitu sebuah istilah bagi masalah mata yang umumnya terjadi karena menatap komputer terlalu lama.

Maka untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu sesekali mengistirahatkan dan melakukan rangkaian olahraga untuk mata. Pasalnya saat kamu terlalu lama terpaku pada layar, pancaran radiasi yang diterima mata  dapat membuatnya menjadi kering dan mudah perih. Kondisi ini juga bisa menyebabkan rasa sakit di sekitar kepala.

Supaya enggak mengalami hal  tersebut, yuk terapkan beberapa olahraga sederhana mata berikut. Kamu bisa melakukannya bahkan di tengah kesibukan dan tumpukan pekerjaan. Bagaimana caranya?

  1. Berkedip

Pada dasarnya, berkedip adalah hal yang biasa dilakukan mata. Biasanya kelopak mata akan secara alami berkedip saat menghadapi situasi bahaya atau keadaan tertentu lainnya. Namun tahukah kamu bahwa mata ternyata bisa lupa berkedip?

Saat kamu terlalu lama menatap pada satu objek, termasuk layar komputer, mata mungkin akan lupa berkedip sebanyak yang dibutuhkan. Padalah berkedip adalah hal yang penting dilakukan untuk menjaga kelembaban mata. Saat seseorang kurang mengedipkan mata, maka ia akan rentan menjadi merah dan mengalami iritasi.

Maka penting untuk mengatur jeda sekalipun sedang dalam pekerjaan. Geser pandangan mata dari layar PC dan lihatlah jauh ke depan. Kemudian duduklah dengan mata terbuka, lalu kedipkan kelopak mata dengan cepat sebanyak 10 kali. Setelah itu, pejamkan kedua mata selama 20 detik sambil menarik napas panjang dan tenangkan pikiran. Kemudian ulangi langkah tersebut sebanyak 5 kali.  

  1. Memindahkan fokus ke hidung

Gerakan lain yang dapat kamu coba terapkan adalah dengan mengalihkan pandangan mata dari layar. Jika tak memiliki banyak waktu, kamu bisa mencoba memindahkan pandangan pada titik yang ada di sekitar seperti hidung. Fokuskan kedua mata pada satu titi di hidung.

Namun perlu diperhatikan bahwa latihan ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Dalam satu hari, kamu hanya boleh mempraktikkannya satu kali karena jika  terlalu sering bisa menyebabkan tubuh kehilangan kesadaran.

Untuk memulai  latihan ini,  atur posisi duduk kamu dalam keadaan yang aman dan nyaman. Kemudian letakkan satu jari di ujung hidung. Fokuslah pada jari itu sampai kedua mata memandang pada titik yang sama. Kemudian gerakkan jari dari hidung ke depan.

Pada tahap ini mata akan mengikuti gerakan dari jari tersebut. Setelah itu, buat pandangan menjadi lebih rileks dan tutup kelopak mata selama 20 detik.

  1. Keluar dari ruangan

Sesekali tak ada salahnya mengambil beberapa menit untuk keluar dari ruangan kerja dan menikmati pemandangan. Cobalah untuk membebaskan mata dari rasa lelah dengan cara menghabiskan waktu 5-10 menit di taman belakang kantor. Atau sekadar melihat pepohonan yang hijau dan langit yang biru.

Cara yang bisa kamu terapkan adalah dengan memandang pada satu titik selama 2 menit. Kemudian pinndahkan fokus mata pada tempat lain. Ulangi pola tersebut selama beberapa kali sampai mata terasa nyaman. Namun jangan lupa untuk berkedip, ya.

Kalau kamu punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter,pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga dilengkapi dengan fitur apotek antar untuk membeli obat serta lab service. Yuk, download sekarang!