• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kesehatan Mental Orang Tua Berpengaruh pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kesehatan Mental Orang Tua Berpengaruh pada Anak

Kesehatan Mental Orang Tua Berpengaruh pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Mei 2022

“Orang tua perlu memiliki kesadaran tentang mengelola kesehatan mental. Pasalnya, gangguan kesehatan mental orang tua yang dibiarkan dapat berpengaruh pada anak dan keharmonisan keluarga.”

Kesehatan Mental Orang Tua Berpengaruh pada Anak

Halodoc, Jakarta – Kesehatan mental orang tua berhubungan dengan kondisi kesehatan mental anak, bahkan tidak jarang juga bisa memengaruhi keharmonisan keluarga. Meskipun banyak orang tua dengan masalah kesehatan mental dapat merawat anak-anaknya dengan baik, mereka tetap memerlukan dukungan ekstra dari keluarga, teman atau profesional. 

Ingat, hampir semua orang tua akan menghadapi tantangan dalam merawat anak. Namun, jika itu termasuk masalah kesehatan mental, maka orang tua mungkin menghadapi tantangan tambahan. Masalah kesehatan mental dapat bervariasi, mulai dari seberapa parah kondisi tersebut,  hingga bagaimana pengaruhnya terhadap anak dan keluarga.

Pengaruh Kesehatan Mental Orang Tua pada Anak

Pengalaman hidup yang penuh tekanan pastinya dapat membuat segalanya lebih menantang. Misalnya masalah finansial maupun masalah pekerjaan, keduanya bisa berdampak negatif pada kesehatan mental. Namun tahukah kamu, masalah kesehatan yang tidak dikelola dengan baik dapat berpengaruh pada anak bahkan keharmonisan keluarga. 

Tumbuh kembang seorang anak bergantung pada orang tua mereka. Orang tua menjadi sumber dukungan pertama untuk anak menjadi mandiri dan menjalani kehidupan yang sehat dan sukses.

Kesehatan mental orang tua dan anak juga terhubung dalam berbagai cara. Orang tua yang memiliki masalah kesehatan mental, misalnya depresi atau kecemasan, mungkin lebih sulit memberikan perawatan untuk anak dibandingkan dengan orang tua dengan kesehatan mental yang baik.

Melansir dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), orang tua yang memiliki kesehatan mental yang buruk memiliki anak dengan kesehatan yang buruk pula. Seperti cacat mental, emosional, atau perkembangan yang terhambat. Seperti efek domino, hal ini bahkan bisa berdampak pada keharmonisan keluarga, seperti perceraian dan trauma.

Pentingnya Kesadaran Orang Tua Tentang Kesehatan Mental Pribadi

Sebetulnya, tiap orang tua perlu mencoba untuk tidak menekan diri sendiri untuk menjadi “orang tua yang sempurna”. Pahamilah bahwa semua orang tua mengalami masa-masa sulit, dan mereka tidak perlu malu untuk mencari bantuan.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental diri sendiri sebagai orang tua, antara lain: 

1. Menjaga Kesehatan Mental

Hal ini bisa dilakukan dengan:

  • Makan makanan bergizi seimbang. 
  • Meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik.
  • Berhenti merokok.
  • Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

2. Lakukan Rutinitas dan Tetap Teratur

Konsistenlah dengan waktu yang teratur, terutama waktu makan dan waktu tidur. Dua hal ini pun dapat membuat ayah dan ibu lebih nyaman, dan anak pun merasa lebih aman. 

3. Bangun Support System

Orang tua perlu terhubung dengan orang terdekat yang dapat diandalkan untuk membantu saat diperlukan sewaktu-waktu. Beri tahu mereka apa yang perlu dibantu, entah itu membantu mengantar atau menjemput anak, atau bahkan menjaga anak selagi ada keperluan. 

4. Cari Bantuan Profesional

Jika masalah kesehatan mental terasa sulit diatasi sendiri, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan profesional seperti psikolog. 

Ayah dan ibu kini bisa tanya psikolog melalui aplikasi Halodoc. Kamu pun kini bisa mendapatkan promo diskon 50% (maksimal 15K) untuk tanya psikolog (psikolog klinis psikiater) setiap hari Jumat di Halodoc. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Mental health of children and parents —a strong connection.
Mental Health Foundation. Diakses pada 2022. Parenting and mental health.
Sage Journals. Diakses pada 2022. The Long-Term Impact of Parental Mental Health on Children’s Distress Trajectories in Adulthood.