Acute Respiratory Distress Syndrome

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Acute Respiratory Distress Syndrome

Acute Respiratory Distress Syndrome atau ARDS adalah suatu keadaan gagal napas yang ditandai dengan hipoksemia berat, komplians paru yang buruk dan infiltrat difus pada pemeriksaan radiologi; di mana edema paru karena dekompensasi kordis dapat disingkirkan. ARDS dikenal sebagai manifestasi atau bagian dari suatu inflamasi sistemik seperti SIRS.

Gejala Acute Respiratory Distress Syndrome

Gejala klinis ARDS ditandai dengan timbulnya sesak napas akut yang berkembang dengan cepat setelah kejadian predisposisi seperti trauma, sepsis, overdosis obat, transfusi masif, pankreatitis, maupun aspirasi.

Penyebab Acute Respiratory Distress Syndrome

Penyebab spesifik ARDS masih belum pasti, banyak faktor penyebab yang berperan pada gangguan ini menyebabkan ARDS tidak disebut sebagai penyakit tetapi sebagai sindrom.

Diagnosis Acute Respiratory Distress Syndrome

Diagnosis ARDS ditegakkan melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti X-ray thorax, yaitu terdapat gambaran foto toraks pada ARDS secara umum berupa opasifikasi bilateral, konsolidasi yang bisa simetris maupun asimetris disertai dengan air bronchogram dan laboratorium terutama AGD. 

Pencegahan Acute Respiratory Distress Syndrome

Belum terdapat pencegahan secara spesifik untuk ARDS, namun dengan mengetahui gejala dan tanda-tanda, penanganan dini dapat dilakukan untuk mencegah komplikasi. 

Penanganan Acute Respiratory Distress Syndrome

Walaupun tidak ada terapi yang spesifik untuk menghentikan proses inflamasi, penanganan ARDS difokuskan pada 3 hal penting yaitu mencegah lesi paru iatrogenik, mengurangi cairan dalam paru, dan mempertahankan oksigenasi jaringan. 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti di atas, segeralah bawa ke unit gawat darurat. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.