Cath Lab

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Apa Itu Cath Lab?

Cath lab atau kateterisasi jantung & angiografi adalah prosedur atau tindakan kardiologi diagnostic invasive. Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh. Misalnya, jantung untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tersebut.

Alat yang digunakan dalam cath lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detail. Dengan begitu, prosedur ini bisa membantu dokter secara akurat dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Laboratorium kateterisasi ini dilengkapi oleh berbagai peralatan mutakhir. Peralatan canggih ini akan membantu dokter untuk melakukan prosedur diagnostik dan intervensi yang minimal invasi. Cath lab sendiri paling umum digunakan untuk prosedur jantung, seperti angiografi koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, cath lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain.

Baca juga: Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

 

Kenapa Melakukan Cath Lab?

Pemeriksaan yang memvisualisasikan arteri jantung dan bilik jantung dan mengobati stenosis atau kelainan lain ini, dilakukan sebagai tindakan preventif dan kuratif. Cath lab bisa dimanfaatkan untuk deteksi dini demi melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit. Misalnya, deteksi dini pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Hal ini amat penting dilakukan demi menekan angka kematian akibat penyakit tersebut.

Melalui prosedur cath lab, dokter dapat mengambil keputusan tindakan medis apa yang sesuai untuk seseorang. Dengan begitu, dokter dapat merekomendasikan tindak lanjut pengobatan yang bergantung dari hasil angiografi. Misalnya, tindakan, seperti memasang ring jantung, intervensi dengan balon, ataupun tindakan operasi bypass.

Baca juga: 4 Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

 

Bagaimana Melakukan Cath Lab?

Sebelum melakukan prosedur cath lab, seseorang dan keluarganya perlu mendiskusikan riwayat kesehatan dan mengobatan yang sedang dan akan dijalani dengan dokter spesialis jantung. Dalam prosedur ini, alat yang digunakan, seperti mini cath-lab, yang dikhususkan untuk tindakan seperti kateterisasi jantung atau pemasangan stent atau cincin di jantung (PCI/PTCA).

Cath lab juga bisa dimanfaatkan dalam tindakan pemasangan TPM (Temporary Pacemaker/alat pacu jantung sementara), PPM (Permanent Pacemaker/alat pacu jantung permanen), dan penyadapan jantung untuk melihat adanya kelainan jantung bawaan (Congenital).

Prosedur cath lab ini terdiri dari berbagai tahapan. Pertama, sebelum melakukan tindakan dokter akan mengawalinya dengan pembiusan lokal. Misalnya, pada lipatan paha kanan atau kiri ataupun pergelangan tangan kanan atau kiri. Selama tindakan ini, orang yang menjalani prosedur cath lab akan tetap sadar dan dapat berkomunikasi dokter.

Tahap selanjutnya dinamai dengan catheter. Pada tahap ini, selang kecil akan dimasukkan oleh dokter melalui pembuluh darah arteri hingga mencapai pembuluh darah aorta yang ditempatkan pada posisi muara arteri koroner. Selanjutnya, dokter akan memasukan cairan kontras melalui selang catheter tersebut sambil menggunakan sinar X-ray. Aliran cairan ini akan dipantau melalui monitor untuk memperlihatkan apakah ada penyempitan atau tidak.

Ketika semua tindakan di atas telah selesai dilakukan, maka selanjutnya dokter akan menjelaskan dan merekomendasikan tindakan lanjutan dari hasil pemeriksaan. Misalnya, apakah cukup dengan pengobatan biasa, apa perlu membutuhkan tindakan lainnya. Contohnya, pemasangan balon dan cincin (stent) atau operasi bypass (bedah jantung).

Baca juga: Ketahui Cara Ahli Gizi Klinis Tangani Penyakit Jantung

 

Di mana Melakukan Cath Lab?

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga medis lainnya, umumnya dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas cath lab atau kateterisasi jantung dan angiografi. 

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2019. Cardiac Catheterization.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Cardiac Catheterization Laboratory - Overview.

Diperbarui pada 2 September 2019.