• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cath Lab

Cath Lab

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cath Lab

Pengertian Cath Lab

Catheterization Laboratory (Cath Lab) atau disebut juga kateterisasi jantung dan angiografi merupakan tindakan atau prosedur medis kardiologi diagnostic invasive. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan sinar-X untuk membantu menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, pemeriksaan cath lab pada jantung untuk mengetahui adanya penyakit, penyempitan, sumbatan, atau pelebaran pada pembuluh darah. Alat yang digunakan dalam pemeriksaan ini bisa memberikan hasil gambar yang detail. Dengan demikian, prosedur ini dapat membantu dokter memberikan diagnosis yang akurat dalam melaksanakan tindakan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Catheterization Laboratory sudah dilengkapi dengan banyak peralatan canggih dan modern. Alat-alat tersebut akan membantu dokter lebih mudah melakukan prosedur diagnostik dan intervensi dengan invasi minimal. Prosedur cath lab sendiri lebih banyak dimanfaatkan untuk masalah jantung, seperti pemasangan stent dan angiografi koroner. 

Selain itu, prosedur cath lab juga dapat dimanfaatkan di berbagai bidang lainnya, seperti bedah saraf, bedah tulang, radiologi intervensi, dan masih banyak lagi. 

Kenapa Melakukan Cath Lab?

Pemeriksaan yang memvisualisasikan arteri maupun bilik jantung, mengatasi stenosis atau masalah kesehatan lainnya dilakukan sebagai tindakan pencegahan dan kuratif. Prosedur catheterization laboratory dapat dimanfaatkan untuk deteksi dini sebagai tindakan pencegahan terhadap banyak masalah kesehatan. 

Contohnya, deteksi dini pada orang-orang yang memiliki riwayat masalah kesehatan pada jantung. Ini tentu sangat penting dilakukan untuk membantu menekan angka kematian sebagai dampak dari masalah kesehatan tersebut. 

Melalui tindakan cath lab, dokter dapat menentukan tindakan medis yang tepat untuk pasien. Dengan demikian, dokter juga dapat memberikan rekomendasi pengobatan lanjutan berdasarkan hasil dari angiografi. Contohnya, tindakan pemasangan ring jantung, intervensi dengan menggunakan balon, atau operasi bypass.

Prosedur Cath Lab

Sebelum menjalani prosedur cath lab, pasien dan keluarganya harus mendiskusikan riwayat kesehatan dan pengobatan yang sedang maupun hendak dilakukan dengan dokter ahli jantung. Prosedur dilakukan dengan menggunakan alat seperti mini cath lab yang khusus dibuat untuk tindakan tertentu, seperti pemasangan stent atau ring jantung (PCI/PTCA) dan kateterisasi jantung. 

Selain itu, prosedur cath lab juga kerap digunakan dalam tindakan pemasangan alat pacu jantung sementara maupun permanen dan penyadapan jantung untuk melihat adanya kelainan jantung bawaan atau kongenital. 

Prosedur catheterization laboratory sendiri terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

  • Tahap pertama, dokter akan memberikan bius lokal sebelum prosedur dilakukan. Bius bisa diberikan pada lipatan paha kanan atau kiri maupun tangan kanan atau kiri. Selama tahapan ini, pasien tetap terjaga dan mampu berkomunikasi dengan dokter. 
  • Tahap kedua, yaitu catheter. Tahapan ini dilakukan dengan memasukkan selang kecil melalui pembuluh darah aorta yang ada pada posisi muara arteri koroner.
  • Tahap ketiga, dokter akan memasukkan cairan kontras melalui selang tersebut dengan memanfaatkan sinar-X. Aliran cairan akan terus dipantau melalui monitor guna menunjukkan apakah terdapat penyempitan atau tidak. 

Setelah semua tahapan selesai, dokter akan menjelaskan dan memberikan rekomendasi tindakan berikutnya. Misalnya, apakan pasien cukup melakukan pengobatan biasa atau perlu tindakan lainnya, seperti pemasangan balon dan cincin atau operasi bypass. 

Di Mana Melakukan Cath Lab?

Prosedur catheterization laboratory dilakukan di rumah sakit  yang memiliki fasilitas cath lab atau kateterisasi jantung dan angiografi. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter dengan bantuan tenaga medis. Pastikan kamu sudah menanyakan semua informasi sebelum prosedur dilakukan. Tanya jawab dengan dokter lebih mudah menggunakan aplikasi Halodoc, download segera aplikasinya di Play Store maupun Play Store.

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2022. Cardiac Catheterization.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Cardiac Catheterization Laboratory – Overview.

Diperbarui pada 1 April 2022