• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cek Anti HSV2 IgM

Cek Anti HSV2 IgM

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Apa Itu Cek Anti HSV2 IgM?

Tes Anti HSV2 IgM adalah jenis tes darah yang dapat digunakan untuk mendeteksi infeksi herpes dini (HSV). Tes ini tidak mendeteksi herpes secara langsung. Sebaliknya, ia mencari jenis antibodi yang dapat diproduksi sebagai respons terhadap infeksi herpes, IgM. 

Herpes adalah infeksi virus umum yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Virus ini terbagi atas dua jenis, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Pengujian virus herpes simpleks mengidentifikasi keberadaan virus dalam sampel dari lepuh, sakit, atau cairan untuk mendiagnosis infeksi herpes akut, maupun mendeteksi antibodi herpes dalam darah untuk menentukan paparan herpes sebelumnya.

Baik HSV-1 maupun HSV-2 adalah menular dan secara berkala menyebabkan demam. Cek anti HSV2 IgM ini juga dilakukan pada bayi baru lahir yang diduga menderita herpes neonatal, yaitu suatu kondisi yang jarang, tetapi serius di mana herpes ditularkan selama kelahiran vagina.

 

Mengapa Melakukan Cek Anti HSV2 IgM? 

Pengujian antibodi HSV dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis infeksi HSV akut jika sampel darah dikumpulkan beberapa minggu terpisah (sampel akut dan pemulihan). Tingkat antibodi IgV HSV dibandingkan untuk melihat apakah telah meningkat secara signifikan dan menunjukkan infeksi saat ini.

Baca juga: Waspada, Virus Herpes Mampu Sebabkan Sarkoma Kaposi

Pengujian antibodi juga dapat digunakan untuk menskrining populasi tertentu, seperti orang yang aktif secara seksual, penerima transplantasi organ, dan mereka yang terinfeksi HIV.

 

Kapan Harus Melakukan Cek Anti HSV2 IgM?

Orang yang melakukan hubungan seks berisiko dalam arti tidak menggunakan kondom, melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu pasangan, serta pasangan yang ingin merencanakan kehamilan atau kelahiran disarankan untuk melakukan tes anti HSV2 IgM.

Centers for Diseases Control and Prevention (CDS) merekomendasikan orang-orang dengan risiko sebagai berikut untuk melakukan tes Anti HSV2 IgM: 

  1. Orang dengan luka genital berulang atau gejala atipikal yang memiliki hasil negatif pada HSV PCR atau kultur,
  2. Orang-orang yang telah didiagnosis secara klinis dengan herpes genital, tetapi tes laboratorium belum mengonfirmasinya.
  3. Orang yang memiliki pasangan seks dengan herpes genital.
  4. Orang yang sedang diuji untuk penyakit menular seksual (IMS) lainnya, terutama jika mereka memiliki banyak pasangan seks.
  5. Orang yang didiagnosis dengan infeksi HIV.
  6. Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, yang berisiko tinggi terhadap infeksi HIV.

 

Bagaimana Melakukan Cek Anti HSV2 IgM? 

Cek Anti HSV2 IgM biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang mengidap herpes setelah mengalami wabah. Tes ini adalah tes darah sederhana dan hasilnya biasanya akan keluar setelah seminggu. 

Baca juga: Hati-Hati, Herpes Bisa Menular Lewat Udara

Tes antibodi HSV mendeteksi protein imun yang diproduksi tubuh sebagai respons terhadap infeksi herpes. Tubuh menghasilkan dua jenis antibodi. Tubuh mulai menghasilkan antibodi jenis IgM beberapa hari setelah terinfeksi HSV primer dan antibodi ini dapat dideteksi dalam darah selama beberapa minggu. 

 

Di mana Melakukan Cek Anti HSV2 IgM?

Tes Anti HSV2 IgM bisa dilakukan di klinik kesehatan reproduksi, rumah sakit, ataupun laboratorium terpercaya. Hasil tes herpes IgM biasanya dilaporkan positif, negatif, atau kurang jelas.

Hasil tes positif berarti bahwa herpes IgM terdeteksi dalam sampel. Hasil negatif berarti tidak ada IgM yang terdeteksi. Hasil tes samar-samar berarti bahwa tes tidak dapat menentukan apakah ada atau tidak antibodi.

Herpes genital dapat menular melalui hubungan seksual kulit ke kulit dengan seseorang yang mengidapnya. Ini termasuk hubungan seks vaginal, anal, dan oral. Jadi, cara terbaik untuk menghindari herpes dan penyakit menular seksual lainnya adalah dengan tidak melakukan kontak dengan mulut atau alat kelamin orang lain yang diduga terinfeksi herpes. 

Jangan berhubungan seks dengan siapa pun selama herpes kambuh, karena saat itulah herpes bisa menular dengan sangat mudah. Namun, herpes juga dapat menyebar ketika tidak ada luka atau gejala, maka penting untuk mengetahui apakah atau pasangan mengidap herpes.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. What Does a Positive Herpes IgM Test Result Mean?
Lab Tests Online. Diakses pada 2020. Herpes Testing.
Planned Parenthood. Diakses pada 2020. How is Herpes Prevented?