• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cek Glukosa Puasa

Cek Glukosa Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Apa Itu Cek Glukosa Puasa?

Cek glukosa puasa adalah pemeriksaan untuk mengetahui bagaimana tubuh seseorang mengelola gula darah. Gula darah cenderung memuncak sekitar satu jam setelah makan dan menurun setelah itu.

Kadar gula darah puasa yang tinggi menunjukkan resistensi insulin atau diabetes, sedangkan gula darah puasa yang rendah dapat disebabkan oleh konsumsi obat diabetes atau faktor-faktor lainnya. 

Glukosa adalah sejenis gula sederhana yang merupakan sumber energi utama tubuh. Tubuh mengubah karbohidrat yang dimakan menjadi glukosa. Cek glukosa puasa seringnya dilakukan untuk orang dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Diabetes adalah suatu kondisi yang menyebabkan kadar glukosa darah naik. Jumlah gula dalam darah biasanya dikendalikan oleh hormon yang disebut insulin. 

Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

Namun, jika mengidap diabetes, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup atau yang diproduksi tidak bekerja dengan baik. Ini menyebabkan gula menumpuk dalam darah. Peningkatan kadar gula darah dapat mengakibatkan kerusakan organ yang parah jika tidak ditangani.

Dalam beberapa kondisi, tes glukosa darah juga dapat digunakan untuk menguji hipoglikemia. Kondisi ini terjadi ketika kadar glukosa dalam darah terlalu rendah.

 

Mengapa Melakukan Cek Glukosa Puasa?

Cek glukosa puasa dilakukan untuk untuk menguji efektivitas berbagai obat atau perubahan pola makan pada orang yang sudah didiagnosis sebagai pengidap diabetes. Ketika puasa, hormon glukagon distimulasi, sehingga meningkatkan kadar glukosa plasma dalam tubuh.

Jika seorang pasien tidak mengidap diabetes, tubuhnya akan memproduksi insulin untuk menyeimbangkan kembali kadar glukosa yang meningkat. Namun, orang dengan diabetes tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk menyeimbangkan kembali gula darahnya (terjadi pada pengidap diabetes tipe 1) atau tubuhnya tidak dapat menggunakan insulin secara cukup efektif (terjadi pada pengidap diabetes tipe 2).

Baca juga: Menurunkan Berat Badan, Cara Efektif Mengontrol Gula Darah?

Akibatnya ketika kadar glukosa darah diuji, pengidap diabetes memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak mengidap diabetes.

 

Kapan Harus Melakukan Cek Glukosa Puasa?

Ketika mengidap diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, disarankan untuk melakukan cek glukosa puasa secara perkala. Untuk waktu yang tepat, ada baiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan. 

Jika memiliki riwayat keluarga dengan diabetes, ada baiknya melakukan cek glukosa puasa. Mengalami gejala awal diabetes, seperti sering buang air kecil, gampang haus, cepat lapar, berat badan turun dengan drastis, penglihatan berkurang, dan luka yang gampang sembuh, disarankan untuk melakukan cek glukosa puasa sesegera mungkin.

 

Bagaimana Melakukan Cek Glukosa Puasa?

Ketika hendak melakukan cek glukosa puasa, tidak biasa makan atau minum apapun, kecuali air putih selama delapan jam sebelum tes dilakukan. Biasanya waktu yang direkomendasikan untuk melakukan cek glukosa puasa adalah di pagi hari, supaya tidak perlu berpuasa di siang hari. 

Sebelum melakukan tes, perlu menginformasikan ke dokter mengenai obat yang sedang digunakan. Ini termasuk obat dengan resep, obat bebas, dan suplemen herbal. Obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi kadar glukosa darah. Dokter mungkin meminta untuk berhenti mengonsumsi obat tertentu atau mengubah dosis sebelum tes dilakukan. 

 

Di mana Melakukan Cek Glukosa Puasa?

Cek glukosa puasa dapat dilakukan di rumah sakit umum ataupun laboratorium kesehatan yang terpercaya. Sangat penting untuk melakukan pola diet sehat supaya gula darah puasa tidak naik terlalu tinggi. Beberapa pola yang bisa terapkan adalah:

  1. Membatasi asupan gula dan garam.
  2. Memilih roti gandum ketimbang roti putih.
  3. Mengonsumsi makanan yang kaya serat yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar glukosa darah.
  4. Makan makanan berprotein tinggi untuk meningkatkan sensasi kenyang.
  5. Memilih sayuran yang tidak mengandung zat tepung yang cenderung memicu lonjakan glukosa darah.
  6. Jangan lupa untuk olahraga rutin. 
Referensi:
Diabetes.co.uk. Diakses pada 2020. Fasting Blood Sugar Level.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about fasting blood sugar?
Healthline. Diakses pada 2020. How to prepare for a blood glucose test.