• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cek IgE Total

Cek IgE Total

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Apa Itu Cek IgE Total?

Cek igE total adalah metode pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur kadar antibodi imunoglobulin E (igE) di dalam darah. Imunoglobulin E (igE) merupakan antibodi yang dihasilkan sistem imun dan berperan dalam melawan zat yang dianggap sebagai ancaman bagi tubuh, seperti bakteri, virus, atau alergan tertentu. Umumnya, kadar igE akan meningkat saat tubuh mengalami reaksi alergi. Dengan kata lain, pemeriksaan ini juga bertujuan sebagai tes alergi

Melalui pemeriksaan ini, bisa dilihat jumlah seluruh antibodi igE di dalam tubuh alias igE total. Selain itu, pemeriksaan juga bisa menunjukkan tingkat respons antibodi IgE terhadap alergen tertentu. Tes ini disebut dengan spesifik IgE tes. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai tes kadar IgE total dan hal-hal apa yang saja yang perlu diketahui. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah yang nantinya akan dianalisis di laboratorium.

Baca juga: Setelah Minum Obat, Mengapa Muncul Tanda Alergi?

 

Kenapa Melakukan Cek IgE Total?

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui jumlah total IgE di dalam darah. Tujuannya untuk membantu mendeteksi reaksi alergi dan ada atau tidak infeksi parasit. Cek IgE total juga bertujuan untuk menentukan terapi terbaik pada individu yang memiliki masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan antibodi dan IgE.

Tes alergi juga dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab alergi. Setelah itu, hasil pemeriksaan akan digunakan untuk menentukan rencana pengobatan. Sayangnya, cek IgE total sering dianggap kurang sensitif dan tidak bisa menunjukkan penyebab pasti alergi terjadi maupun jenis alergen yang bertanggung jawab. Umumnya,  lebih disarankan untuk melakukan tes IgE spesifik untuk mengetahui pemicu alergi.  

Baca juga: Ini 4 Alergi Kulit Ini Bisa Terjadi pada Bayi

 

Kapan Harus Melakukan Cek IgE Total?

Cek IgE total biasanya akan dilakukan menjelang pengobatan atau tindakan medis tertentu. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi jenis alergen yang menyebabkan alergi pada seseorang. Ada dua jenis tes alergi yang sering dilakukan, yaitu tes alergi melalui kulit dan tes alergi melalui darah seperti cek IgE total. 

Tes IgE total melalui sampel darah biasanya akan dilakukan jika tes alergi melalui kulit tidak memungkinkan. Pasalnya, ada risiko muncul alergi hebat jika dilakukan tes melalui kulit. Sebaliknya, pemeriksaan melalui darah umumnya akan lebih aman, termasuk untuk anak-anak. 

 

Bagaimana Melakukan Cek IgE Total?

Tes IgE total dilakukan dengan mengambil sampel darah. Kemudian, sampel darah akan ditempatkan pada tabung khusus dan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis. Pengambilan sampel darah umumnya tidak berlangsung lama, hanya sekitar 5 menit. Akan tetapi, hasil dari pemeriksaan ini membutuhkan waktu lebih lama sebelum keluar. Cek darah untuk mengetahui kadar IgE total dan kondisi alergi membutuhkan waktu hingga beberapa hari yang tergantung pada laboratorium tempat sampel dianalisis. 

Jika hasil tes menunjukkan bahwa total IgE lebih tinggi dari batas normal, bisa jadi orang tersebut memiliki alergi. Namun, disarankan untuk melakukan tes lebih lengkap sebagai penunjang dari hasil tes IgE total ini. Mengingat jenis pemeriksaan ini disebut kurang sensitif dan tidak bisa secara spesifik menunjukkan pemicu alergi. 

 

Di mana Melakukan Cek IgE Total?

Cek IgE Total dilakukan oleh petugas yang sudah berpengalaman  di bidangnya. Tes ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan mana saja, mulai dari klinik atau puskesmas, rumah sakit, bagian unit gawat darurat (UGD), hingga laboratorium kesehatan. Segera lakukan pemeriksaan kadar bilirubin jika mengalami gejala menyerupai gangguan pada organ hati. 

Baca juga: Tanda-tanda Alergi Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Referensi:
KidsHealth. Diakses pada 2020. Blood Test: Immunoglobulin E (IgE).
NCBI. Diakses pada 2020. Impact of high serum Immunoglobulin E levels on the risk of atherosclerosis in humans.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Test ID: IGE.