• Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Dokter Spesialis Patologi Klinik
  • Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Dokter Spesialis Patologi Klinik

Dokter Spesialis Patologi Klinik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Dokter Spesialis Patologi KlinikDokter Spesialis Patologi Klinik

Pengertian Dokter Spesialis Patologi Klinik

Dokter spesialis patologi klinik adalah tenaga kesehatan khusus yang memiliki keahlian dalam kegiatan laboratorium. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang cara mendiagnosis penyakit, pencegahan, dan perawatannya. Mereka bertanggung jawab atas semua departemen khusus yang mencakup hematologi, toksikologi, mikrobiologi. 

Selain itu, mereka juga menangani imunologi, serologi, bank darah, serta kimia dan biologi klinik. Dokter spesialis ini juga bertanggung jawab untuk menjaga data penelitian untuk memelihara catatan kendali mutu dan sistem informasi.

Dokter spesialis ini adalah bagian penting dari prosedur perawatan, karena mereka bertugas memberikan informasi yang akurat tentang pasien dengan memeriksa sampel pasien. Pasien tidak akan pernah bertemu langsung dengan dokter spesialis ini selama masa pengobatan.

Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Patologi Klinik

Dokter spesialis patologi klinik tidak menangani penyakit pasien secara langsung. Melainkan membantu penetapan diagnosis melalui pemeriksaan laboratorium, yang penting dalam menentukan langkah pengobatan selanjutnya.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi analisis sampel potongan organ, jaringan, maupun cairan tubuh, seperti darah dan urine. Sampel darah dan urine biasanya akan diambil oleh petugas laboratorium. Sementara sampel jaringan atau organ tubuh pasien akan oleh dokter spesialis lain yang merawat pasien, melalui tindakan endoskopi atau operasi. 

Setelah dokter spesialis patologi klinik selesai melakukan pemeriksaan, hasil dari pemeriksaan akan dimuat dalam laporan patologi. Laporan ini kemudian menjadi bahan pertimbangan bagi dokter dalam menentukan diagnosis, tingkat keparahan penyakit, serta langkah pengobatan untuk menangani penyakit.

Tindakan Medis yang Dapat Dilakukan oleh Dokter Spesialis Patologi Klinik

Ada beberapa tugas dan tindakan yang dilakukan oleh dokter spesialis patologi klinik, yaitu:

1. Pengujian Sampel

Mengumpulkan dan menyimpan sampel darah, urine, atau cairan tubuh lainnya di laboratorium untuk diperiksa. Dokter akan memeriksa sampel dengan bantuan berbagai alat diagnostik dan juga di bawah mikroskop. Mereka mencatat tingkat bahan kimia atau bahan lain yang ada di dalam tubuh, dan membuat laporan untuk membantu memutuskan prosedur pengobatan.

2. Pengelolaan Bank Darah

Dokter spesialis ini juga mengelola bank darah di rumah sakit. Mereka menjaga pengumpulan jenis darah, dan pengelolaan darah lebih lanjut. Jika ada reaksi transfusi, mereka perlu menemukan penyebab pastinya. Selain itu, jika seseorang membutuhkan darah untuk transplantasi apapun, mereka perlu memeriksa kompatibilitas jaringan untuk transplantasi.

3. Mendiagnosis Penyakit

Dokter spesialis ini bertugas mendiagnosis berbagai penyakit. Mereka juga menyelidiki efek lanjutan dari penyakit dengan menjalankan otopsi dan pemeriksaan mikroskopis. Pemeriksaan sel, jaringan, dan organ tubuh lainnya ini dikenal dengan patologi anatomi.

4. Sitopatologi

Ini adalah cabang lain dari patologi klinik di mana dokter bertugas mempelajari sel dan segala sesuatu yang terkait dengannya. Mereka memantau perubahan sel, mendiagnosis penyakit dan dengan demikian membuat laporannya.

5. Studi DNA dan RNA

Genetika juga dikenal sebagai patologi molekuler. Ini adalah pengujian asam nukleat, diagnosis yang dipilih orang untuk memeriksa kelainan bawaan dalam tubuh. Hal ini untuk menentukan penyebab penyakit tergantung pada teori, teknologi, dan prinsip-prinsip biologi molekuler.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter Spesialis Patologi Klinik?

Kamu biasanya akan mengunjungi dokter spesialis ini setelah mendapat rujukan dari dokter umum atau dokter spesialis lain yang menangani kamu. Namun, kamu juga bisa menemui dokter spesialis ini secara langsung jika merasa yakin membutuhkan diagnosis dari dokter ini.

Persiapan Sebelum dan Sesudah Mengunjungi Dokter Spesialis Patologi Klinik

Tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan sebelum mengunjungi dokter spesialis patologi klinik. Bahkan, sebenarnya kamu tidak akan menemui dokter ini secara langsung. Kamu biasanya hanya akan menemui petugas laboratorium, yang bertugas mengambil sampel untuk diperiksa. 

Tidak ada yang perlu dilakukan juga setelah menjalani pemeriksaan oleh dokter ini. Sebab, biasanya hasil pemeriksaan akan diserahkan langsung ke dokter yang menangani penyakit kamu. Jadi, setelah menjalani pemeriksaan, kamu perlu menemui dokter yang menangani kamu. 

Itulah pembahasan mengenai dokter spesialis patologi klinik. Jika kamu mengalami gejala penyakit apapun, segera temui dokter untuk menjalani pemeriksaan. Agar lebih mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
Vishwa Raj Hospital. Diakses pada 2022. What Does A Clinical Pathologist Do?
Zippia. Diakses pada 2022. What Does A Clinical Pathologist Do?
Medical News Today. Diakses pada 2022. What To Know About Pathology And Pathologists.
Ross University. Diakses pada 2022. What Does a Pathologist Do and How To Become One?