Eritema Nodosum

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Eritema Nodosum

Eritema nodosum adalah bentuk peradangan pada kulit yang terletak pada bagian lapisan lemak kulit. Eritema nodosum memberikan gambaran kemerahan, nyeri, dan benjolan kecil yang kebanyakan terletak di bagian depan dari kaki di bawah lutut.

Benjolan atau nodul dari eritema nodosum ini memiliki ukuran yang bervariasi. Benjolan ini dapat mengalami peradangan yang hilang timbul selama beberapa minggu, kemudian mengecil dan menjadi rata, dengan meninggalkan bekas memar.

 

Faktor Risiko Eritema Nodosum

Faktor risiko yang dapat meningkatkan eritema nodosum antara lain:

    • Infeksi, seperti infeksi pada tenggorokan atau tuberkulosis;
    • Riwayat pengobatan sebelumnya, terutama berhubungan dengan reaksi antibiotik (sulfonamide dan penisilin), salisilat, iodida, dan pil KB;
    • Riwayat kehamilan sebelumnya;
    • Kanker (jarang);
    • Coccidioidomycosis, infeksi paru dan saluran pernapasan.

 

Penyebab Eritema Nodosum

Eritema nodosum terjadi dengan atau tanpa disertai kondisi medis lainnya. Kondisi medis yang dapat terkait dengan eritema nodosum antara lain obat-obatan (terutama obat yang mengandung sulfA, pil KB, dan hormon estrogen), radang tenggorokan, penyakit jamur, infeksi mononukleosis, sarkoidosis, penyakit Behcet, penyakit radang usus, dan kehamilan normal.

 

Gejala Eritema Nodosum

Eritema nodosum muncul dengan gejala seperti flu dan bersin-bersin. Nyeri sendi dapat muncul selama fase kambuh. Kebanyakan lesi akan sembuh dalam 7 minggu hingga 18 minggu. 

    • Lesi utama, terdapat kemerahan pada daerah kaki bagian depan dengan batas tidak tegak. Ukuran lesi kurang lebih 2-6 cm. 
    • Distribusi lesi. Lesi muncul di tungkai bagian depan; namun hal ini dapat pula terjadi pada permukaan apapun.
    • Perubahan warna kulit.

 

Diagnosis Eritema Nodosum

Dokter terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan fisik pada ruam atau peradangan yang dikeluhkan oleh pasien. Tindakan biopsi dengan mengambil sebagian kecil dari sampel dapat dilakukan untuk melihat sel pembentuk dari benjolan kulit yang terbentuk tersebut, untuk memastikan diagnosis eritema nodosum.

 

Komplikasi Eritema Nodosum

Hampir   seluruh kasus  penyakit ini akan sembuh sendiri dalam waktu 3 – 4 minggu sedangkan terdapat beberapa kasus yang lebih berat memerlukan waktu sekitar 6 minggu. 

Meskipun demikian, terdapat risiko terjadinya rekurensi, terutama pada pasien-pasien dengan eritema nodosum yang idiopatik dan terkait pada infeksi streptokokus, terutama pada infeksi saluran napas atas. Komplikasi jarang terjadi, kecuali pasien memiliki penyakit lain yang mendasari terjadinya eritema nodosum.

 

Pengobatan Eritema Nodosum

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengidentifikasi seluruh penyebab yang mendasari eritema nodosum. Kemudian dokter dapat memberikan pengobatan pada penyakit yang mendasarinya.

Pengobatan untuk eritema nodosum secara umum termasuk obat antiinflamasi, dan kortison secara oral atau injeksi. Kolkisin kadang dapat digunakan secara efektif untuk mengurangi peradangan. Perawatan harus disesuaikan untuk pasien tertentu dan gejalanya. Meskipun eritema nodosum seringkali memberikan rasa sakit pada pasien, penyakit ini tidak menimbulkan ancaman nyawa bagi pasien dan memiliki prognosis yang baik.

 

Pencegahan Eritema Nodosum

Pembatasan aktivitas saat terjadinya eritema nodosum dapat mencegah terjadinya kekambuhan pada penyakit tersebut.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter jika mendapati gejala-gejala yang mirip dengan kondisi eritema nodosum. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.