Gingivitis

Pengertian Gingivitis

Gingivitis merupakan suatu inflamasi atau peradangan yang mengenai jaringan lunak di sekitar gigi atau jaringan gingiva.

 

Gejala Gingivitis

Umumnya terlihat inflamasi atau peradangan yang mengenai jaringan lunak di sekitar gigi atau jaringan gingiva disebut gingivitis. Kondisi kronis maupun akut dapat menghasilkan perubahan pada konsistensi gingiva normal yang kaku dan tegas. Peradangan gingiva terjadi resesi ke apikal menyebabkan celah menjadi lebih lebar dan meluas ke permukaan akar.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Gingivitis

Gingivitis disebabkan oleh faktor primer dan faktor sekunder. Faktor primer dari gingivitis adalah plak. Plak gigi adalah deposit lunak yang membentuk biofilm yang menumpuk kepermukaan gigi atau permukaan jaringan keras di rongga mulut.

Penggunaan antibiotik yang berspektrum luas secara berkepanjangan juga merupakan salah satu faktor risiko. Kondisi tersebut dapat terjadi pertumbuhan mikroorganisme secara berlebihan khususnya jamur dan bakteri

 

Diagnosis Gingivitis

Diagnosis ditegakkan anamnesis dan pemeriksaan gigi. Gingival indeks (GI) adalah derajat keparahan inflamasi gingiva secara klinis ditentukan dari skor indeks gingiva dengan kriteria sebagai berikut: Indeks gingival Kondisi Gingiva, yaitu 1 – 1,0 Gingivitis Ringan, 1,1 – 2,0 Gingivitis Sedang, dan 2,1 – 3,0 Gingivitis Parah.

 

Penanganan Gingivitis

Gingivitis dapat ditangani dengan deep scaling, kemudian kontrol plak dan pemberian vitamin rutin untuk kesehatan gusi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika gusi mulai terasa nyeri, segeralah periksakan ke dokter gigi, jangan tunggu hingga sulit mengunyah. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang dekat domisili kamu di sini.