Kanker Rahim

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Kanker Rahim

Kanker rahim adalah salah satu keganasan ginekologi, di mana karsinoma berkembang di dalam lapisan rahim.

 

Gejala Kanker Rahim

Gejala kanker rahim dapat dimulai dari nyeri perut, perdarahan pervaginam yang terus menerus atau abnormal (menometroragia), keputihan, serta perut yang terasa semakin membesar. Kemudian diikuti dengan gejala sistemik seperti penurunan berat badan dan nafsu makan, lemas dan anemia.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Rahim

Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun bersifat multifaktorial, salah satu faktor resikonya adalah usia lanjut (50-65 tahun), diiringi dengan penggunaan terapi hormonal pengganti untuk mengatasi gejala menopause, kemudian obesitas dan nuliparitas.

 

Diagnosis Kanker Rahim

Selain dari gejala, diagnosis dapat ditegakkan melalui beberapa metode pemeriksaan laboratorium, hormonal, kemudian USG abdomen atau transvaginal, histeroskopi-biopsi, dan MRI.

 

Pencegahan Kanker Rahim

Pencegahan dapat dilakukan dengan pola hidup sehat, tidak menggunakan obat-obatan yang mempengaruhi hormonal dan menghindari paparan radiasi. Selain itu juga, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan ginekologi.

 

Penanganan Kanker Rahim

Terdapat beberapa penanganan terhadap kanker rahim, tergantung stadium dari kanker tersebut, mulai dari tindakan operasi, radioterapi, kemoterapi hingga hormonal terapi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti di atas, segeralah periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.