Limfadenitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Limfadenitis

Limfadenitis adalah radang pada kelenjar limfa yang mengalami infeksi. Hal ini merupakan suatu reaksi mikroorganisme yang terbawa oleh limfa dari daerah yang terinfeksi ke kelenjar limfa regional.

 

Gejala Limfadenitis

Kelenjar getah bening yang terserang biasanya membesar dan jika diraba terasa lunak dan nyeri, selain itu gejala klinis yang timbul adalah demam, nyeri tekan, dan tanda radang. Kulit di atasnya terlihat merah dan terasa hangat, pembengkakan ini menyerupai daging tumbuh atau biasa disebut tumor.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Limfadenitis

Limfadenitis dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Infeksi bakteri : streptococcal atau staphylococcal.
  2. Sakit tenggorokan karena bakteri.
  3. Tonsillitis.
  4. Infeksi gigi.
  5. Infeksi HIV.
  6. Tuberkulosis.
  7. Infeksi mikobakterial non tuberkulosis.

Secara khusus penyebaran ke kelenjar getah bening terjadi melalui infeksi kulit, telinga, hidung atau mata.

 

Diagnosis Limfadenitis

Diagnosis dilakukan berdasarkan gejala-gejalanya. Untuk membantu menentukan penyebabnya, bisa dilakukan biopsi (pengangkatan jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop) an kultur (contoh dikirim ke laboratorium dan diletakkan pada kultur medium yang membiarkan mikroorganisme untuk berkembang) kemungkinan diperlukan untuk memastikan diagnosa.

 

Penanganan Limfadenitis

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebab keadaan tersebut terjadi. Untuk bakteri, biasanya diberikan antibiotik per-oral (melalui mulut) atau intravena (melalui pembuluh darah).

Cara untuk membantu mengurangi rasa sakit, kelenjar getah bening yang terkena bisa dikompres hangat. Biasanya jika infeksi telah diobati, kelenjar mengecil secara perlahan dan rasa sakit hilang. Pembesaran KGB disebabkan oleh virus dan sembuh sendiri, walaupun pembesaran KGB dapat berlangsung mingguan. Pengobatan pada infeksi KGB oleh bakteri (limfadenitis) adalah antibiotik oral 10 hari.

 

Pencegahan Limfadenitis

Menjaga kesehatan dan kebersihan badan bisa membantu mencegah terjadinya berbagai infeksi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter apabila merasakan gejala - gejala di atas. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di sini.