Listeriosis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Listeriosis 

Listeriosis merupakan salah satu foodborne disease (penyakit yang ditularkan melalui makanan) yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes

 

Gejala Listeriosis 

Gejala yang timbul akibat terinfeksinya bakteri ini dapat bermacam-macam, dari yang ringan hingga berat. Umumnya gejala yang muncul tidak berat mirip dengan gejala influenza seperti demam, menggigil, nyeri punggung, sakit kepala terkadang disertai mual muntah dan diare.

Namun, komplikasi yang sering terjadi adalah bakteremia (bakteri patogen di dalam darah), dan meningitis (radang selaput otak dan tulang belakang).

 

Penyebab dan Faktor Risiko Listeriosis 

Penyebab Listeriosis adalah bakteri Listeria monocytogenes yang merupakan “foodborne disease” yaitu penyakit yang muncul akibat masuknya mikroorganisme patogen ke dalam tubuh yang dihantarkan oleh makanan.

 

Diagnosis Listeriosis 

Selain dari gejala, diagnosis ditegakkan melalui isolasi dan identifikasi bakteri penyebab penyakit. Spesimen untuk isolasi bakteri dapat menggunakan feses, cairan serebrospinal atau darah (saat terjadi septikemia).

 

Pencegahan Listeriosis 

Pencegahan spesifik belum ditetapkan, tetapi dapat dilakukan dengan memastikan makanan/buah yang akan dikonsumsi dibersihkan dan olah dengan baik agar terhindar dari keracunan akibat bakteri Listeriosis.

Pisahkan daging mentah dan unggas dari sayuran, makanan matang, dan makanan siap-saji dalam penyimpanannya. Cuci peralatan masak, berupa alat atau alas pemotong, yang telah digunakan untuk daging mentah, unggas, produk-produk hewani sebelum digunakan pada produk makanan lainnya.  Cuci tangan menggunakan sabun sebelum mengolah makanan, dan saat akan makan.

 

Penanganan Listeriosis 

Penanganan awal dengan pemberian antibiotika telah digunakan untuk pengobatan listeriosis. Antibiotika yang sering digunakan adalah ampisilin dan penisilin. Untuk mendapatkan efek yang cepat, ampisilin diberikan secara intravena.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti di atas, segeralah periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.