Meningioma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Meningioma

Meningioma adalah tumor jinak intrakranial yang berasal dari meningen dan tumbuh di luar jaringan parenkim otak (ekstra-aksial). Meningioma berasal dari sel arachnoid cap, namun tumbuh dengan lambat.

 

Gejala Meningioma

Gejala pada meningioma umumnya sesuai dengan lokasi masa, namun gejala yang umum dijumpai yaitu:

  • Tanda-tanda peningkatan tekanan intrakranial : nyeri kepala, muntah proyektil, kejang, dsb.
  • Gangguan nervus kranialis.
  • Anosmia.
  • Kelemahan anggota gerak sisi kontralateral.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Meningioma

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya meningioma adalah usia, radiasi ionisasi, radiasi telepon genggam, genetik, hormon. Faktor risiko lainnya seperti diabetes, hipertensi, epilepsi, merokok, trauma kepala, juga dapat meningkatkan kemungkinan insidensi.

 

Diagnosis Meningioma

Diagnosis meningioma dapat ditegakkan dengan pemeriksaan MRI kepala ataupun CT-scan baik dengan kontras maupun tanpa kontras disertai dengan adanya gejala penyerta yang sesuai. Diagnosis definitive menggunakan biopsi jaringan massa.

 

Penanganan Meningioma

Pada pengidap meningioma, dapat dilakukan embolisasi, pembedahan, radiosurgery, dan terapi radiasi. Tujuan utama pembedahan adalah untuk reseksi tumor atau untuk paliatif. Selain reseksi tumor, hal ini juga bertujuan untuk mendapat diagnosis definitif, mengurangi efek massa, dan meringankan gejala.

Radioterapi memberikan manfaat secara klinis yang telah dilaporkan pada banyak serial kasus yaitu baik regresi ataupun berhentinya pertumbuhan tumor. Modalitas lain pada terapi meningioma adalah stereotactic radiosurgery. Stereotactic radiosurgery umumnya dilakukan pada tumor jinak berukuran kecil atau yang tidak dapat dioperasi dan pada tumor residual atau rekuren.

 

Pencegahan Meningioma

Pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi paparan dan menjaga pola makan dengan baik. Selalu terapkan pola makan yang sehat dan seimbang dengan olahraga.


Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter apabila merasakan gejala - gejala di atas. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di sini.