Myositis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Myositis

Myositis adalah peradangan pada otot yang menyerang serabut-serabut otot. Myositis dapat mengenai satu atau seluruh otot di tubuh.

 

Gejala Myositis

Gejala utama dari myositis adalah kelemahan otot. Kelemahan mungkin terlihat atau dapat ditemukan dengan pemeriksaan. Nyeri otot (myalgia) bisa ada atau tidak. Kondisi ini memengaruhi kelompok otot besar, termasuk leher, bahu, pinggul, punggung, serta biasanya mengenai kedua sisi otot. Kelemahan dari myositis menyebabkan jatuh dan sulit untuk bangun dari kursi atau setelah jatuh.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Myositis

Penyebab paling sering inflamasi karena autoimun, seperti lupus, scleroderma, rheumatoid arthritis. Selain itu, kondisi dapat juga dipicu oleh infeksi virus atau bakteri. Faktor risiko lainnya yang dapat memicu adalah rabdomiolisis dan cedera otot.

 

Diagnosis Myositis

Selain dari anamnesis dan gejala klinis, diagnosis dapat ditegakkan melalui pemeriksaan laboratorium serta pencitraan berupa MRI dan  electromyogram (EMG) serta nerve conduction velocity (NCV). Sedangkan untuk diagnosis definitif dapat dilakukan biopsi pada jaringan otot.

 

Pencegahan Myositis

Hingga saat ini belum terdapat pencegahan atau vaksinasi yang spesifik, namun dapat diminimalisir dengan menghindari olahraga yang berlebihan dan ekstrim.

 

Penanganan Myositis

Pengobatan terhadap myositis biasanya menggunakan obat antiinflamasi (NSAID) dan imunosupresan berupa kortikosteroid. Selain itu, pemberian immunoglobulin juga dapat dipertimbangkan.

 

Kapan harus ke dokter?

Ketika didapati gejala di atas, segera periksakan ke dokter terdekat. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.