Patah Pergelangan Kaki

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Patah Pergelangan Kaki

Sendi pergelangan kaki terdiri dari dua, yaitu sendi pergelangan kaki sejati dan sendi subtalar dan terdiri dari tiga tulang yang bersatu, yaitu tibia, yang merupakan tulang utama dari tungkai bawah, membentuk bagian medial dari tulang pergelangan.

Selanjutnya ada fibula yang merupakan tulang berukuran lebih kecil yang sejajar dengan tibia di kaki bagian bawah dan membentuk bagian lateral tulang pergelangan. Ujung-ujung dari kedua tibia dan fibula dikenal sebagai malleoli (tunggal adalah malleolus). Bersama-sama, tulang ini membentuk lengkungan yang berada di atas talus, salah satu tulang di kaki.

Tiga tulang ini (tibia, fibula, dan talus) membentuk elemen tulang sendi pergelangan kaki. Tulang-tulang tersebut membentuk elemen tulang pada pergelangan kaki. Membran fibrosa yang disebut kapsul sendi, dilapisi oleh lapisan halus yang disebut sinovium berfungsi untuk membungkus arsitektur sendi. Kapsul sendi mengandung cairan sinovial yang diproduksi oleh sinovium. Cairan sinovial memungkinkan pergerakan halus dari permukaan sendi.

Sendi pergelangan kaki distabilkan oleh beberapa ligamen berupa serat yang menahan tulang-tulang ini di tempatnya. Fraktur pergelangan kaki merujuk pada fraktur tibia distal, fibula distal, talus, dan kalkaneus.

Gejala Patah Pergelangan Kaki

Gejala umum untuk patah pergelangan kaki meliputi:

  • Rasa sakit tiba-tiba dan parah.
  • Pembengkakan.
  • Memar.
  • Lembut untuk disentuh.
  • Tidak bisa meletakkan berat badan pada kaki yang terluka.
  • Deformitas, terutama jika sendi pergelangan kaki terkilir juga.

Penyebab dan Faktor Risiko Patah Pergelangan Kaki

Membebankan sendi pergelangan kaki melewati batas kekuatannya dapat mencederai sendi. Jika hanya ligamen yang robek, risiko yang terjadi adalah mengalami keseleo pergelangan kaki. Jika tulang yang patah risikonya mengalami patah tulang pergelangan kaki. Fraktur dapat terjadi bersamaan dengan robekan ligamen. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa cara:

  • Menggerakkan pergelangan kaki ke dalam atau keluar.
  • Memutar sisi pergelangan kaki ke samping.
  • Meregangkan atau memperpanjang sendi secara berlebih.
  • Menerapkan gaya yang berat ke sendi dalam garis lurus ke bawah seperti melompat dari tingkat tinggi.

Diagnosis Patah Pergelangan Kaki

Setelah membahas riwayat kesehatan, gejala, dan bagaimana cedera terjadi, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap pergelangan kaki, kaki, dan kaki bagian bawah.

Pemeriksaan penunjang yang mungkin dilakukan:

Tes Pencitraan

Jika dokter mencurigai adanya patah tulang pergelangan kaki akan memesan tes tambahan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang cedera tersebut.

  • Sinar X

Rontgen dapat menunjukkan apakah tulang mengalami kerrusakan dan apakah ada perpindahan (kesenjangan antara tulang yang patah). Sinar X juga bisa menunjukkan berapa banyak potongan tulang yang patah. Sinar X dapat diambil dari kaki, pergelangan kaki untuk memastikan tidak ada yang terluka.

  • Tes stres

Tergantung pada jenis patah tulang pergelangan kaki, dokter dapat menekan pergelangan kaki dan mengambil x-ray khusus, yang disebut tes stres. X-ray ini dilakukan untuk melihat apakah fraktur pergelangan kaki tertentu memerlukan pembedahan.

  • Computed Tomography (CT) Scan

Jenis pemindaian ini dapat membuat gambar cross-section dari pergelangan kaki dan kadang-kadang dilakukan untuk mengevaluasi lebih lanjut cedera pergelangan kaki. Hal ini sangat berguna ketika fraktur memanjang ke sendi pergelangan kaki.

  • Pencitraan resonansi magnetik (MRI). Tes-tes ini memberikan gambar resolusi tinggi dari kedua tulang dan jaringan lunak, seperti ligamen. Untuk beberapa patah tulang pergelangan kaki, pemindaian MRI dapat dilakukan untuk mengevaluasi ligamen pergelangan kaki.

Penanganan Patah Pergelangan Kaki

Perawatan di rumah

Jika merasa adanya patah tulang, segera hubungi dokter atau segera pergi ke bagian gawat darurat rumah sakit. Pengidap juga dapat melakukan hal-hal berikut sampai dapat pergi ke rumah sakit atau kantor dokter:

  • Jauhkan pergelangan kaki yang terluka sehingga tidak melukai lebih jauh.
  • Jaga agar pergelangan kaki dalam posisi yang lebih tinggi untuk membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  • Kompres dingin ke area luka untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Jangan langsung mengaplikasikan es, tetapi bungkus dengan pembungkus. Kompres dingin efektif hingga 48 jam.

Ibuprofen (Advil dan Motrin) mungkin ideal untuk cedera pergelangan kaki karena bertindak baik sebagai obat nyeri dan obat untuk menjaga peradangan.

Perawatan medis

Jenis fraktur dan stabilitas sendi akan menentukan jenis gips yang akan digunakan dan berapa lama pemasangannya. Jika tulang tidak sejajar dengan benar, dokter dapat meluruskannya atau mereposisi kembali sebelum menempatkan belat atau gips. Jika tulang tidak dapat direposisi ulang dengan benar di bagian unit gawat darurat, maka memerlukan operasi.

Operasi akan diperlukan jika ada tulang yang menembus kulit. Jika tulang menembus kulit, fraktur ini kemudian disebut fraktur terbuka. Ini lebih serius daripada patah tulang sederhana. Pemasangan gips mungkin juga dilakukan pada beberapa kasus, tanpa operasi ataupun setelah operasi.

Tergantung pada tingkat rasa sakit yang dialami, dokter mungkin memberi obat penghilang rasa nyeri. Fraktur rata-rata membutuhkan 4—8 minggu agar tulang dapat pulih.

Pencegahan Patah Pergelangan Kaki

Dorong pasien untuk menjalani rehabilitasi untuk mendapatkan kembali kekuatan sendi pergelangan kaki. Orthotics dan perangkat sepatu yang tepat dapat membantu mencegah cedera di masa depan.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika cara penanganan dan pencegahan di atas tidak berhasil, kamu bisa langsung memeriksaan diri ke dokter yang kamu butuhkan di rumah sakit pilihan kamu di sini.