Patah Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Patah Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan terdiri dari delapan tulang kecil yang terhubung dengan dua tulang lengan bawah, yaitu tulang radius dan tulang ulna. Patah pergelangan tangan merujuk pada patahnya satu atau lebih dari sepuluh tulang tersebut, tetapi yang paling sering terjadi adalah patah tulang radius.

 

Gejala Patah Pergelangan Tangan

Seperti patah tulang lainnya, gejala yang ditimbulkan dari patah pergelangan tangan ialah nyeri dan bengkak disertai perubahan warna kulit menjadi kemerahan dan terasa panas ketika perabaan. Ini merupakan tanda dari peradangan yang terjadi karena adanya kerusakan jaringan.

Walaupun pada kebanyakan kasus patah pergelangan tangan menyebabkan terbatasnya gerakan sendi, tetapi ada juga kasus ketika pergelangan tangan masih bisa digunakan. Pada patah tulang yang keluar dari garisnya, dapat terlihat perubahan bentuk atau deformitas.

Jika ada struktur saraf yang tertekan atau terluka, patah pergelangan tangan juga dapat menyebabkan gejala saraf seperti sensasi kesemutan atau kebas. Jika tulang yang patah menyebabkan luka terbuka, pengidap memiliki risiko terkena infeksi terutama jika tidak langsung ditangani dengan tepat.

Pada patah pergelangan tangan ketika fragmen tulang yang patah melukai pembuluh darah, pengidap dapat mengalami perdarahan, baik terbuka maupun tertutup dan membutuhkan penanganan segera untuk menghentikan perdarahan. Pada beberapa kasus, patahan tulang dapat melukai ligamen di sekitarnya dan akan memengaruhi kemampuan tangan untuk melakukan pergerakan.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Patah Pergelangan Tangan

Sebagai tulang yang paling sering patah dalam patah pergelangan tangan, perlu diketahui bahwa penyebab paling umum dari fraktur radius distal adalah jatuh dengan kondisi lengan yang terulur lurus.

Osteoporosis meningkatkan risiko patah tulang pergelangan tangan jika pengidap jatuh tepat pada pergelangan tangan. Banyak fraktur radius distal pada orang yang lebih tua dari 60 tahun disebabkan oleh jatuh dari posisi berdiri.

Pergelangan tangan yang patah dapat terjadi bahkan pada tulang yang sehat, jika kekuatan trauma cukup berat. Misalnya, kecelakaan mobil atau jatuh dari sepeda dapat menghasilkan kekuatan yang cukup untuk mematahkan pergelangan tangan.

 

Diagnosis Patah Pergelangan Tangan

Dokter bedah tangan akan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan sinar-x untuk melihat apakah ada tulang yang patah. Kadang-kadang, tes seperti CT scan atau MRI scan mungkin diperlukan untuk mendapatkan detail yang lebih baik dari fragmen fraktur dan cedera lainnya. Ligamen (jaringan lunak yang menyatukan tulang), tendon, otot dan saraf juga dapat terluka ketika pergelangan tangan rusak. Cedera ini mungkin perlu diobati juga.

 

Penanganan Patah Pergelangan Tangan

Perawatan tergantung pada banyak faktor seperti jenis fraktur, apakah itu keluar dari garisnya, tidak stabil atau terbuka. Kesehatan umum secara keseluruhan dan kehadiran cedera lainnya juga menjadi pertimbangan dokter. Jika pergelangan tangan yang rusak tidak dalam posisi yang benar untuk dapat bersambung dengan sendirinya, dokter akan melakukan reposisi. Ini bisa sangat menyakitkan sehingga biasanya dilakukan dengan anestesi. Namun, obat penghilang rasa sakit akan membantu sesudahnya.

Hal berikut juga diperlukan:

  • Belat elastik yang mungkin digunakan selama beberapa hari hingga seminggu sementara menunggu bengkaknya membaik; jika belat digunakan pada awal penanganan, gips biasanya dikenakan sekitar satu minggu kemudian.
  • Gips, yang mungkin dibutuhkan selama enam hingga delapan minggu atau lebih lama, tergantung pada seberapa buruk fraktur (mungkin memerlukan gips kedua jika yang pertama terlalu longgar setelah bengkaknya hilang).

Pengidap mungkin juga dapat melakukan beberapa hal ini di rumah:

  • Tinggikan pergelangan tangan di atas bantal atau di belakang kursi di atas tingkat jantung selama beberapa hari pertama. Ini akan mengurangi rasa sakit dan bengkak.
  • Kompres es pada pergelangan tangan. Lakukan ini selama 15—20 menit setiap dua hingga tiga jam selama dua hingga tiga hari. Hati-hati untuk menjaga agar belat atau gips tetap kering.
  • Berikan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Obat-obatan ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan bengkak.
  • Berlatih meregangkan dan memperkuat latihan jari-jari, siku, dan bahu jika dokter menyarankannya.

 

Pencegahan Patah Pergelangan Tangan

Kesehatan tulang yang baik tetap merupakan pilihan pencegahan yang penting. Menjaga pergelangan tangan menggunakan wrist support dapat membantu mencegah beberapa patah tulang, tetapi mereka tidak akan mencegah semuanya.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika cara penanganan dan pencegahan di atas tidak berhasil, kamu bisa langsung memeriksaan diri ke dokter yang kamu butuhkan di rumah sakit pilihan kamu di sini.

 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Wrist bones.

Diperbarui pada 26 November 2019