Pemeriksaan Treadmill

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Apa itu Pemeriksaan Treadmill?

Pemeriksaan treadmill, atau yang juga dikenal dengan sebutan stress test, merupakan pemeriksaan yang dilakukan guna melihat kinerja jantung selama seseorang melakukan aktivitas fisik. Karena aktivitas fisik dapat membuat jantung memompa lebih keras dan cepat. Pemeriksaan treadmill dapat membantu mengungkapkan adanya masalah aliran darah dalam jantung.

Pemeriksaan ini disebut sebagai pemeriksaan treadmill karena menggunakan alat treadmill dalam praktiknya. Dalam pemeriksaan ini, irama jantung, tekanan darah, dan pernapasan akan dipantau.

Baca juga: 6 Hal yang Akan Dilakukan ketika Pemeriksaan Treadmill

 

Kenapa Melakukan Pemeriksaan Treadmill?

Pemeriksaan treadmill biasanya dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit yang berkaitan dengan jantung, sebagai berikut:

1. Diagnosis Penyakit Arteri Koroner

Arteri koroner adalah pembuluh darah utama yang memasok darah, oksigen, dan nutrisi ke jantung. Penyakit arteri koroner berkembang ketika arteri ini menjadi rusak atau sakit, biasanya karena penumpukan deposit yang mengandung kolesterol dan zat lain (plak).

2. Mendiagnosis Masalah Irama Jantung (Aritmia)

Aritmia jantung terjadi ketika impuls listrik yang mengoordinasikan irama jantung tidak berfungsi dengan benar, menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.

3. Panduan Pengobatan Gangguan Jantung.

Jika sudah didiagnosis mengidap penyakit jantung, pemeriksaan treadmill dapat membantu dokter untuk mengetahui seberapa baik pengobatan bekerja. Ini juga dapat digunakan untuk membantu menetapkan rencana perawatan, dengan menunjukkan seberapa banyak latihan yang dapat ditangani jantung.

Dokter mungkin menggunakan pemeriksaan treadmill untuk membantu menentukan waktu operasi jantung, seperti penggantian katup. Pada beberapa orang dengan gagal jantung, hasil pemeriksaan treadmill dapat membantu dokter menentukan apakah pengidap memerlukan transplantasi jantung atau terapi lanjutan lainnya.

Baca juga: Alasan Pengidap Penyakit Jantung Membutuhkan Pemeriksaan Treadmill

 

Bagaimana Pemeriksaan Treadmill Dilakukan?

Sebelum melakukan pemeriksaan treadmill, dokter biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang riwayat kesehatan, serta seberapa sering dan beratnya kamu berolahraga selama ini. Hal ini bertujuan untuk membantu menentukan jumlah latihan yang sesuai ketika pemeriksaan nanti. Dokter juga biasanya akan mendengarkan jantung dan paru-paru untuk mendeteksi setiap kelainan yang dapat memengaruhi hasil tes.

Kemudian, sesaat sebelum melakukan pemeriksaan, perawat akan menempelkan elektroda di bagian dada, kaki, dan lengan. Elektroda itu biasanya memiliki kabel yang terhubung ke mesin elektrokardiogram, yang merekam sinyal listrik yang memicu detak jantung. Kamu juga mungkin diminta untuk bernapas ke dalam tabung selama tes untuk menunjukkan seberapa baik kamu bisa bernapas selama berolahraga.

Kamu akan diminta untuk berjalan hingga berlari kecil di atas treadmill sampai detak jantung telah mencapai target yang ditentukan, atau hingga muncul gejala yang tidak memungkinkan kamu untuk melanjutkan, seperti:

  • Nyeri dada sedang sampai berat.

  • Napas pendek yang parah.

  • Tekanan darah sangat tinggi atau rendah.

  • Irama jantung yang tidak normal.

  • Pusing.

  • Kelelahan.

  • Perubahan tertentu dalam elektrokardiogram.

Setelah berhenti berolahraga, kamu mungkin diminta untuk berdiri diam selama beberapa detik dan kemudian berbaring selama beberapa waktu dengan monitor terpasang. Dokter kemudian akan mengawasi segala kelainan karena detak jantung, hingga pernapasan kembali normal. Pemeriksaan treadmill pun selesai. Kamu dapat kembali ke aktivitas normal, kecuali dokter meminta kamu untuk dirawat atau menjalani pemeriksaan lanjutan.

Baca juga: Adakah Efek Samping dari Melakukan Pemeriksaan Treadmill?

 

Kapan Pemeriksaan Treadmill Dilakukan?

Pemeriksaan treadmill biasanya disarankan untuk dilakukan ketika dokter mendeteksi adanya gangguan atau gejala penyakit jantung. Pemeriksaan ini juga dilakukan ketika dokter ingin melihat perkembangan perawatan penyakit jantung yang sedang dijalani pengidap.

 

Di Mana Pemeriksaan Treadmill Dilakukan?

Pemeriksaan treadmill dapat dilakukan di mana saja, seperti di rumah sakit atau laboratorium yang menyediakan perlengkapan yang memadai untuk melakukan tes. 

 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Heart Disease and Stress Test.
Hopkins Medicine. Diakses pada 2019. Exercise Electrocardiogram.

Diperbarui pada 13 September 2019