Penyakit Kawasaki

Pengertian Penyakit Kawasaki

Penyakit kawasaki merupakan penyakit langka yang menyebabkan inflamasi pada dinding pembuluh darah di seluruh tubuh dan pada umumnya terjadi pada anak dibawah usia lima tahun. Penyakit kawasaki juga dapat menyerang noda limfa, kulit dan membran mukosa yang ada didalam mulut, hidung dan tenggorokan anak kecil. Penyebab penyakit kawasaki terjadi karena adanya faktor keturunan, kondisi autoimun dan reaksi terhadap obat-obatan tertentu.

Komplikasi penyakit kawasaki adalah jantung. Komplikasi ini termasuk serius, karena disebabkan oleh inflamasi dan pembengkakan pada pembuluh darah koroner yang dapat menyebabkan tidak berfungsinya jantung.

Gejala Penyakit Kawasaki

Gejala-gejala yang terjadi pada penyakit kawasaki muncul dalam 3 tahap dan umumnya berlangsung selama 1,5 bulan dengan penjelasan setiap tahapan sebagai berikut:

1. Tahap Pertama
Tahap pertama ini akan terjadi pada minggu ke 1 - 2 dengan mempunyai gejala demam lebih dari lima hari dan disertai dengan:

  • Mata merah namun tidak keluar cairan.
  • Perubahan kondisi mulut.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher.
  • Ruam kemerahan muncul di area organ intim dan menyebar ke tubuh.
  • Jari tangan dan kaki bengkak dan memerah.

2. Tahap Kedua
Tahap kedua terjadi pada minggu ke 2 - 4 dan biasanya sudah mengalami penurunan demam. Namun di tahap kedua ini, Si Kecil akan mengalami gejala:

  • Kulit pada ujung jari tangan dan kaki mengelupas.
  • Adanya gangguan pencernaan.
  • Rasa nyeri dan pembengkakan pada area sendi.
  • Adanya risiko komplikasi aneurisma – pembengkakan pada pembuluh kroner akibat lemahnya dinding pembuluh kroner karena inflamasi.

3. Tahap Ketiga
Tahap ketiga akan berlangsung di minggu 4 - 6 dengan gejala penyakit kawasaki yang berkurang secara perlahan, namun untuk  Si Kecil akan terjadi kondisi yang lemas hingga mudah lelah.

Penyebab Penyakit Kawasaki

Sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit ini. Namun sejumlah peneliti meyakini bahwa penyakit kawasiki bisa terjadi karena adanya infeksi dan karena faktor genetik. Namun penyakit ini belum pernah ditemui pada bayi. 

Pengobatan Penyakit Kawasaki

Pengobatan penyakit kawasaki membutuhkan waktu penanganan dalam 10 hari pertama, jika Si Kecil mempunyai gejalanya. Tujuan utama pengobatan tahap awalnya adalah untuk menurunkan demam, mengurangi inflamasi dan mencegah kerusakan pada jantung melalui pemberian obat aspirin dan imunoglobulin dengan dosis sesuai dari dokter. Selain obat-obatan, ibu bisa mengompres Si Kecil dan penuhi kebutuhan cairannya dengan perbanyak minum air putih.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera berbicara dengan dokter jika mengalami tanda dan gejala di atas.