Rambut Tumbuh ke Dalam

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam adalah kondisi yang umum terjadi akibat dilakukannya pencukuran atau pencabutan rambut pada area tertentu. Rambut tumbuh ke dalam ini mengakibatkan peradangan, nyeri, dan bintik kecil pada area rambut tersebut dicukur atau dicabut.

 

Faktor Risiko Rambut Tumbuh ke Dalam

Faktor yang meningkatkan risiko terjadinya rambut tumbuh ke dalam ini adalah melakukan pencukuran dengan pisau cukur sambil meregangkan kulit atau mencabut rambut dengan menggunakan pinset. Hal tersebut dapat meninggalkan sisa batang rambut di bawah permukaan kulit.

Baca juga: Perlu Tahu, Penyebab dan Penanganan Rambut Tumbuh ke Dalam

 

Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam

Penyebab dari rambut tumbuh ke dalam ini tidak lain adalah akibat dari terpotongnya folikel rambut berbentuk melengkung yang memproduksi rambut hitam dan keriting. Ketika folikel ini terpotong dan rambut mulai tumbuh kembali, maka rambut yang tumbuh akan tumbuh ke arah dalam.

 

Gejala Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam paling sering ditemukan di area dagu dan sekitar pipi, tempat tumbuhnya janggut terutama pada area leher. Kondisi ini bisa timbul di area kepala bagi mereka yang mencukur rambut di kepala dengan pisau cukur. Rambut tumbuh ke dalam ini terjadi pada area-area yang umum dilakukan pencukuran seperti ketiak, kaki, dan area kemaluan.

Rambut tumbuh ke dalam ini ditandai dengan adanya sebuah papul yaitu bintil berbentuk bulat yang kecil dan teraba padat dan bisa muncul sebagai sebuah pustula yaitu bintil yang kecil tetapi berisi nanah. Selain itu, pada area rambut tumbuh ke dalam dapat ditemui adanya warna kulit yang lebih gelap dari sekitarnya, pada bintil tersebut juga terasa nyeri, gatal, dan terlihat seperti ada titik hitam rambut yang berada di bawah kulit.

 

Diagnosis Rambut Tumbuh ke Dalam

Diagnosis keadaan rambut tumbuh ke dalam ini dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu hanya dengan inspeksi.

Baca juga: Bahayakah Rambut yang Tumbuh ke Dalam? 

 

Pengobatan Rambut Tumbuh ke Dalam

Penanganan dari kondisi rambut tumbuh ke dalam ini adalah dengan berhenti melakukan pencukuran dan pencabutan dari rambut hingga kondisi pulih, kurang lebih biasanya dalam 6 bulan. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, beberapa hal seperti laser dapat dilakukan.

Namun, perlu diingat juga bahwa metode laser juga memiliki beberapa komplikasi seperti tumbuhnya lepuh, skar, dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Beberapa krim dan obat juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan sel kulit mati. Krim antiradang dan antibiotik juga dapat digunakan.

 

Pencegahan Rambut Tumbuh ke Dalam

Pencegahan rambut tumbuh ke dalam dilakukan dengan cara menghindari mencukur dan mencabut rambut. Jika itu bukan suatu opsi, beberapa tips dapat dilakukan untuk menurunkan kemungkinan terjadinya kondisi rambut tumbuh ke dalam ini. Di antaranya adalah:

  • Mencuci daerah kulit yang akan dilakukan pencukuran dengan air hangat.

  • Lakukan pengolesan krim cukur atau jel sebelum melakukan pencukuran.

  • Gunakan pisau cukur yang tajam setiap kali melakukan pencukuran.

  • Hindari mencabut rambut ketika sedang mencukur.

  • Mencukur rambut sesuai dengan arah tumbuhnya rambut.

  • Cuci pisau cukur setiap kali selesai mencukur.

  • Bersihkan kulit dengan air dan pakai pelembap setelah selesai melakukan pencukuran.

 Baca juga: Kulit Meradang, Begini Cara Obati Rambut Tumbuh ke Dalam

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika rambut tumbuh ke dalam membuat kulit menjadi iritasi dan mengganggu aktivitasmu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Referensi
WebMD. Diakses pada 2019. Ingrown Hair.

Diperbarui pada 5 September 2019