Stomatitis

Pengertian Stomatitis

Stomatitis adalah radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan.

 

Gejala Stomatitis

Gejala yang muncul pada sebagian besar pasien (85%) yaitu ulser bentuk minor, yang ditandai dengan ulser bentuk bulat atau oval, disertai rasa nyeri dengan diameter antara 2−4 mm, kurang dari 1 cm dan dikelilingi oleh pinggiran yang eritematous.

Ulser ini cenderung mengenai daerah non keratin, seperti mukosa labial, mukosa bukal, dan dasar mulut. Ulser bisa tunggal atau merupakan kelompok yang terdiri dari empat sampai lima dan menyembuh dalam waktu 7−14 hari tanpa disertai pembentukan jaringan parut.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Stomatitis

Stomatitis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain defisiensi vitamin seperti zat besi, asam folat, vitamin B12 atau B kompleks, psikologis, trauma, endokrin, herediter, alergi, imunologi, hingga tergigit, luka ketika menyikat gigi, alergi terhadap makanan ataupun adanya infeksi oleh bakteri.

 

Diagnosis Stomatitis

Diagnosis umumnya ditegakkan dari anamnesis dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang dilakukan jika terdapat indikasi seperti swab mulut.

 

Pencegahan Stomatitis

Perhatikan selalu kebersihan mulut, hindari merokok, dan jangan menggosok gigi terlalu kasar. Perbanyak serat dan vitamin dari buah maupun sayuran.

 

Penanganan Stomatitis

Umumnya stomatitis membaik dengan sendirinya. Asupan susu/jus buah bisa dikonsumsi dalam porsi lebih banyak daripada biasanya. Suplementasi zinc, vitamin B kompleks, vitamin C, dan zat besi. Es krim bisa diberikan karena efek dingin cukup meredakan rasa perih dan mengandung nutrisi juga.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala seperti di atas terus menerus dan semakin membesar serta semakin banyak, segeralah periksakan diri ke dokter. Pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di sini.