Tumor Wilms

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Tumor Wilms

Tumor Wilms merupakan tumor ginjal yang sering terjadi pada anak-anak. Tumor Wilms diperkirakan merupakan abnormalitas genetik.

 

Gejala Tumor Wilms

Gejala klinis pada mayoritas kasus Tumor Wilms berupa asimtomatik massa pada abdomen, namun 20-30 persen dari kasus memberikan gejala nyeri abdomen, malaise, atau hematuria mikroskopik atau makroskopik.

 

Penyebab Tumor Wilms

Tumor Wilms disebabkan oleh kegagalan jaringan blastema berdiferensiasi menjadi ginjal normal.

 

Diagnosis Tumor Wilms

Selain dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik, diagnosis ditetapkan melalui pemeriksaan penunjang seperti Biopsi Histopatologi dan pencitraan (MRI/CT scan kontras).

 

Pencegahan Tumor Wilms

Tumor Wilms tidak dapat dicegah. Namun, apabila bayi lahir dengan kelainan bawaan tertentu atau menderita sindrom yang terkait dengan tumor Wilms, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG secara berkala, setidaknya setiap 3-4 bulan hingga anak berusia 8 tahun, agar tumor dapat terdeteksi dan langkah pengobatan dapat dilakukan sejak dini.

 

Penanganan Tumor Wilms

Terdapat 2 modalitas utama yang dapat menjadi pilihan dalam tatalaksana tumor Wilms yakni nefrektomi dan kemoterapi.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu mengalami gejala-gejala seperti di atas, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk melakukan pemeriksaan, bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.