Xerophthalmia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Xerophthalmia

Xerophthalmia merupakan penyakit mata yang berhubungan dengan kurangnya nutrisi, yang tidak menular namun dapat menyebabkan kebutaan. 

 

Penyebab dan Faktor Risiko Xerophthalmia

Penyebab dari kondisi ini adalah kekurangan vitamin A terutama pada saat ibu sedang menyusui dan dalam makanan anak pada umumnya. 

 

Gejala Xerophthalmia

Gejala awalnya berupa hemeralopia, kemudian terjadi noda bitot serta kekeringan pada konjungtiva dan kornea yang reversible, jika diberikan vitamin A. Lalu, terdapat juga xerosis kornea atau bahkan ulserasi pada kornea, hingga keratomalacia.

 

Diagnosis Xerophthalmia

Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan klinis terutama pemeriksaan mata. 

 

Pengobatan Xerophthalmia

Pengobatan awal diberikan retinol (vitamin A), anak usia 6-12 bulan diberikan 100.000 IU/ hari sedangkan >1 tahun diberikan 200.000 IU.

 

Pencegahan Xerophthalmia

Pencegahan yang dilakukan dengan pemberian nutrisi yang cukup pada ibu hamil dan menyusui serta nutrisi pada makanan anak terutama selama masa pertumbuhan. Selain itu juga dianjurkan pemberian vitamin A untuk preventif pada anak < 6 bulan : 50.000 IU single dose, 6-12 bulan : 100.000 IU, dan >1 tahun : 200.000 IU. 

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika terdapat gejala tersebut pada anak, segera lakukan check up untuk deteksi dan penanganan dini. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.