Ketahui 4 Tips Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 4 Tips Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Halodoc, Jakarta - Jerawat batu (cystic acne) merupakan jerawat yang terbentuk jauh di dalam kulit akibat penyumbatan sel kulit mati dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Kondisi ini menyebabkan munculnya jerawat batu, yaitu jerawat yang berupa benjolan merah, bernanah, sakit saat disentuh, dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara menghilangkan jerawat batu tentu berbeda dengan jerawat biasa. Jerawat batu bisa dihilangkan dengan menggunakan obat jerawat yang memiliki kandungan isotretinoin, krim retinoid, benzoil peroksida, dan asam salisilat. Selain itu, jerawat batu bisa dihilangkan menggunakan bahan alami seperti di bawah ini:

  1. Lidah Buaya

Kandungan asam salisilat pada lidah buaya dipercaya bisa mengatasi jerawat batu. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan satu buah lidah buaya dan belah menjadi dua. Kemudian, ambil gel pada lidah buaya dengan menggunakan sendok dan oleskan pada wajah secara merata. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya sebanyak satu kali setiap hari atau setiap dibutuhkan.

  1. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat batu bisa dengan memanfaatkan es batu. Sebab, suhu dingin yang berasal dari es batu dipercaya bisa mengurangi peradangan (inflamasi) akibat tumbuhnya jerawat. Untuk menerapkannya, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa buah es batu dan kain bersih. Kemudian, tempelkan es batu pada kulit berjerawat selama kurang lebih 10 menit. Lakukan cara ini minimal dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

  1. Air Perasan Lemon

Asam sitrat pada lemon juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat batu. Caranya, siapkan air perasan lemon dan kapas. Kemudian, celupkan kapas ke dalam air perasan lemon dan oleskan pada jerawat batu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Jika kulit kamu rentan mengalami iritasi, kamu perlu mengurangi kadar asam air perasan lemon dengan menambahkan air putih di dalamnya.

  1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat batu. Cara penggunaannya cukup dengan menyeduh teh hijau selama empat menit dan diamkan agar dingin terlebih dulu. Kemudian, kamu bisa mengambil kapas, celupkan pada teh hijau, dan tempelkan pada jerawat batu. Biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Itulah empat cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat batu. Jika keempat cara di atas belum berhasil menghilangkan jerawat batu, sebaiknya kamu periksakan pada dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat. Sebagai langkah awal, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter melalui Chat, dan Video/Voice Call di layanan Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodocdi App Store dan Google Play.

Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat