• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Cara Memutihkan Gigi yang Aman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 7 Cara Memutihkan Gigi yang Aman

Ketahui 7 Cara Memutihkan Gigi yang Aman

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

Ada beberapa cara memutihkan gigi yang perlu diketahui, baik secara alami maupun ke dokter gigi. Salah satu caranya dengan berhenti merokok.

Ketahui 7 Cara Memutihkan Gigi yang Aman

Halodoc, Jakarta – Memiliki gigi yang putih adalah mimpi bagi sebagian besar orang. Tidak hanya menandakan kebersihan dan kesehatan rongga mulut, gigi yang putih berseri juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Sayangnya, ada sejumlah kebiasaan sehari-hari dan jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan gigi kuning serta terlihat tidak terawat. 

Kalau sudah begitu, perlu untuk mengetahui cara memutihkan gigi. Agar kesehatan gigi dan mulut bisa kembali seperti sedia kala. Faktanya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi kuning, salah satunya kebiasaan merokok. Artinya, berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara mengatasi kondisi ini. Lalu, apa lagi cara-cara lain yang bisa dilakukan? 

Cara Memutihkan Gigi dengan Alami 

Memutihkan gigi bisa dilakukan dengan cara alami. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit, dan bisa ditemukan dengan mudah. Berikut cara memutihkan gigi yang bisa dilakukan di rumah: 

  1. Rajin Sikat Gigi 

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi adalah dengan rajin sikat gigi, setidaknya dua kali sehari. Lengkapi juga dengan berkumur menggunakan obat kumur agar napas selalu segar. Cara ini juga mampu membunuh kuman dan bakteri yang terdapat di rongga mulut. 

  1. Manfaatkan Baking Soda 

Cara lainnya memutihkan gigi secara alami dengan menggunakan baking soda, yaitu dengan menjadikannya pasta gigi. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air, lalu gosokkan pada gigi beberapa kali dalam satu minggu. B

aking soda juga bisa dibuat menjadi obat kumur, dengan cara mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air, lalu kumur sekitar 2-3 menit beberapa hari sekali. 

  1. Gunakan Air Garam Laut

Garam laut tidak hanya bisa membantu membersihkan noda pada gigi dan membuat gigi terlihat lebih putih. Cara ini juga meningkatkan keseimbangan kadar PH dalam mulut dan membuat suasana rongga mulut lebih basa.

Hasilnya, kuman dan bakteri merugikan dapat menghilang. Campurkan ½ sendok teh garam laut dengan 30 ml air, lalu sikat gigi dengan menggunakan campuran tersebut selama 3-5 menit.

  1. Buah Mengandung Asam Malat

Buah-buahan yang mengandung asam malat, seperti jus apel hijau dan stroberi juga banyak digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Buatlah pasta stroberi dengan mencampurkan 2-3 buah stroberi dengan ½ sendok baking soda. 

Namun, pasta stroberi tersebut perlu dilengkapi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk melindungi gigi dari campuran asam malat dan asam sitrat dari stroberi yang berpotensi merusak enamel.

Perawatan yang Bisa Dilakukan di Klinik Dokter Gigi 

Agar lebih maksimal, memutihkan gigi juga bisa dilakukan dengan mengunjungi dokter gigi. Berikut beberapa jenis perawatan yang dilakukan dokter gigi sebagai cara memutihkan gigi: 

  1. Bleaching Gigi

Bleaching gigi adalah proses memutihkan gigi dengan cara memberikan hidrogen peroksida, bahan kimia yang berkhasiat memutihkan, pada bagian email gigi.

Biasanya, dokter akan merapikan tambalan gigi dan membersihkan karang gigi terlebih dahulu agar zat kimia untuk memutihkan gigi bisa menempel maksimal. Karena ini termasuk ke dalam proses alami, sehingga tingkat perubahan warna gigi pada setiap orang belum tentu sama.  

  1. Veneer Gigi

Veneer gigi adalah prosedur yang tidak hanya bisa mengembalikan warna putih gigi, tapi juga bisa mengembalikan bentuk dan posisi gigi, serta memperbaiki gigi yang gompal. Untuk veneer kita dapat memilih warna gigi (kadar keputihan) yang diinginkan. 

  1. Scaling Gigi 

Scaling gigi membantu membersihkan seluruh permukaan gigi sehingga membantu menghilangkan noda hitam dan kotoran lain. Biasanya, scaling dilakukan sebelum melakukan penambalan gigi atau saat pemeriksaan rutin ke dokter gigi.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi yang bisa dilakukan. Cari tahu lebih lanjut informasi seputar kesehatan gigi dan mulut dengan menghubungi dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah berbicara dengan dokter gigi melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 5 Foods that Help Whiten Teeth.
Healthline. Diakses pada 2022. Smoking’s Effect on Teeth.
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home.
WebMD. Diakses pada 2022. Tips to keep your teeth white.
WebMD. Diakses pada 2022. 10 secrets to whiter your teeth.