20 May 2017

Ketahui 7 Ciri Gejala Awal Sakit Jantung

Ketahui 7 Ciri Gejala Awal Sakit Jantung

Halodoc, Jakarta - Manusia mungkin bisa hidup dengan satu ginjal saja, namun tidak ada satupun manusia yang bisa hidup tanpa jantung. Organ yang terletak di dada ini merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam tubuh. Berukuran sebesar kepalan tangan, jantung berfungsi untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

(Baca juga: Kenali Kondisi Jantung dan Serangannya yang Perlu Diwaspadai)


Sebagai salah satu organ tubuh yang paling vital, sudah seharusnya untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk itu, Anda harus mewaspadai setiap tanda yang menunjukkan gejala awal sakit jantung. Yuk, cari tahu tujuh gejala awal penyakit jantung di bawah ini:

1.    Sakit Kepala
Gejala awal penyakit jantung yang pertama adalah sakit kepala. Munculnya rasa sakit kepala saat terkena sinar matahari dapat mengindikasikan seseorang mempunyai masalah kesehatan dengan jantungnya. Pengaruh ini umumnya menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita juga harus waspada jika mengalami sakit migrain, karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Neurology, sakit kepala pada pengidap penyakit jantung bisa saja akibat dari tidak lancarnya sirkulasi darah.

2.   Nyeri Dada
Selain sakit kepala, gejala awal penyakit jantung yang umum dirasakan oleh pengidapnya yakni nyeri dada. Efek yang ditimbulkan oleh nyeri dada ini adalah sesak napas yang diikuti keluarnya keringat, mual, serta denyut jantung berdegup lebih kencang dari biasanya. Nyeri dada tersebut muncul karena adanya penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir lancar ke seluruh tubuh.

3.  Denyut Jantung Tak Beraturan
Jika Anda mengalami denyut jantung tak teratur, ini patut diwaspadai karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Denyut jantung tak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

(Baca juga: Gaya Hidup Enggak Sehat, Waspada Penyakit Jantung Turunan)

4.   Merasa Mudah Lelah
Tubuh lebih rentan lelah dari biasanya, padahal Anda mungkin sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik yang begitu berat. Perasaan mudah lelah ini juga menjadi salah satu gejala awal penyakit jantung yang patut diwaspadai.

5.  Pembengkakan
Gejala awal penyakit jantung pun menyebabkan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti perut. Hal ini dikarenakan menurunnya fungsi jantung yang berdampak pada proses pembuangan cairan dari ginjal. Oleh karenanya, pembengkakan tersebut muncul.

6.  Mual
Pembengkakan pada bagian perut menyebabkan pengidap secara otomatis kehilangan nafsu makan dan merasakan mual berlebih. Tak heran, para pengidap sakit jantung biasanya juga mengalami hal ini di awal.

7.  Rasa Cemas Berlebih
Banyak yang meyakini, gejala awal penyakit jantung erat kaitannya dengan rasa cemas berlebih. Alhasil, mereka yang pernah mengalami serangan akan lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan, atau kecemasan akan kehilangan nyawa. Hal ini dikaitkan dengan kecemasan pada psikologi dan stres pada seseorang yang menyebabkan serangan lebih sering.

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung
Setelah mengenal gejala awal penyakit jantung di atas, hal selanjutnya yang perlu diketahui seputar penyakit ini adalah pertolongan pertama ketika serangan jantung terjadi. Jangan panik, ikuti cara-caranya berikut ini:

1.    Duduk bersandar senyaman yang Anda rasakan. Hindari posisi berbaring, karena kemungkinan besar mengganggu jalannya napas Anda.

2.    Sebisa mungkin tidak minum air terlalu banyak. Di beberapa kasus, minum air malah akan membuat pengidap serangan jantung semakin sesak.

3.    Segera hubungi ambulans di nomor 118 atau 911 untuk mendapat pertolongan medis lebih lanjut.

Tidak ada yang tahu kapan datangnya penyakit. Namun setiap penyakit, termasuk penyakit jantung akan selalu bisa diantisipasi sedini mungkin. Bicarakan masalah jantung Anda dengan dokter spesialis pilihan melalui Chat, Video Call, dan Voice Call di aplikasi Halodoc. Rasakan kemudahan berbicara dengan dokter hanya dengan Halodoc yang bisa Anda download secara gratis di App Store dan Google Play.

(Baca juga: Fakta & Mitos yang Perlu Anda Ketahui Seputar Jantung)