12 April 2018

Ketahui Berat Badan Bayi yang Ideal

Ketahui Berat Badan Bayi yang Ideal

Halodoc, Jakarta – Si Kecil terlihat lebih kecil dibanding bayi-bayi seusianya?  Jangan khawatir dulu, mungkin saja berat badan bayi ibu masih termasuk normal jika disesuaikan dengan tinggi badannya. Meski demikian, mengetahui berat badan bayi yang ideal tetap penting, agar ibu bisa memantau tumbuh kembangnya.

Kalau pada beberapa hari pertama setelah lahir, bayi mengalami penurunan berat badan, tidak usah khawatir, hal ini masih termasuk kondisi yang normal. Ketika Si Kecil berumur dua minggu, berat badannya akan kembali seperti pada saat lahir dulu kok, bahkan bisa mengalami peningkatan. Yang paling penting, usahakan agar berat badan Si Kecil tetap naik, karena itu berarti si bayi sehat dan mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Namun, berat badan setiap bayi bisa berbeda-beda. Menurut American Pregnancy, hal ini disebabkan karena ada beberapa faktor yang memengaruhi berat badan bayi dan perkembangannya:

  • Usia Kandungan. Bayi yang lahir terlalu dini atau prematur biasanya akan memiliki berat badan yang kurang dibanding bayi yang lahir tepat waktu.
  • Jenis Kelamin. Bayi laki-laki umumnya memiliki berat badan yang lebih besar daripada perempuan. Perkembangan berat mereka pun lebih cepat dibanding bayi perempuan.
  • Bayi Kembar atau Tunggal. Bila ibu hamil bayi kembar, maka nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan dibagi kepada dua bayi, sehingga akan memengaruhi berat badan mereka setelah lahir.
  • Pemenuhan Nutrisi Saat Hamil. Ibu hamil yang banyak mengonsumsi makanan bergizi cenderung memiliki bayi yang lebih berat dibanding ibu yang tidak.

Nah, berikut adalah berat badan bayi yang ideal sesuai dengan usianya:

  • Pada minggu-minggu pertama setelah lahir, sebagin besar bayi akan mengalami penurunan berat badan sekitar beberapa ons. Memasukki usia dua minggu, beratnya akan kembali naik.
  • Mulai usia satu bulan hingga enam bulan, tinggi bayi akan bertambah sekitar 2,5 cm setiap bulannya dan berat badan meningkat 140-200 gram per minggu. Bila ibu memberinya asupan nutrisi terbaik dan menjaga pola makannya, maka berat badan bayi akan terus bertambah.
  • Memasuki usia dua bulan, bayi akan mengalami penambahan berat badan setiap minggunya. Ibu bisa membicarakannya dengan dokter lewat aplikasi Halodoc, bila berat badan Si Kecil tidak bertambah dengan semestinya.
  • Di usia tiga bulan, berat badan bayi akan sedikit berkurang, yaitu sekitar 113 gram per minggu, dan hal ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan sampai ia berusia tujuh bulan.
  • Usia empat bulan, kenaikkan berat badan bayi masih akan sama dengan bulan-bulan sebelumnya.
  • Ketika bayi sudah berusia lima bulan, coba cek apakah berat badannya dua kali lebih berat dari saat ia baru lahir, karena itulah berat badan bayi yang normal. Kalau ternyata beratnya di bawah standar, tanyakan pada dokter mengenai penyebabnya dan solusinya.
  • Berat badan bayi laki-laki di usia 6 bulan idealnya berkisar antara 6.4–9.7 kilogram, sedangkan berat badan bayi perempuan berkisar 5.8 – 9.2 kilogram. Pada usia ini, ibu disarankan untuk mulai memberikan MPASI (Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil)
  • Di usia 7 bulan, berat badan bayi laki-laki idealnya berkisar antara 6.7 – 10.2 kilogram, sedangkan berat badan bayi perempuan berkisar 6.1 – 9.6 kilogram, dan berat badannya akan bertambah sekitar 900 gram tiap bulan.
  • Di usia 8 bulan, berat badan bayi seharusnya bertambah, sehingga ketika ia satu tahun, berat badannya akan 3 kali lipat lebih besar dari berat badan saat lahir.
  • Memasukki usia 9 bulan, berat badan bayi laki-laki yang ideal berkisar antara 7.2 – 10.9 kilogram, sedangkan berat badan bayi perempuan berkisar 6.6 – 10.4 kilogram. Berikan camilan seperti buah di antara waktu makan pagi dan siang, serta di antara makan siang dan malam agar berat badan Si Kecil tetap bertambah.
  • Di usia 10 bulan, pertambahan berat badan bayi akan mulai melambat karena Si Kecil sudah mulai banyak beraktivitas. Ia sudah bisa merangkak dan berdiri dengan berpegangan pada perabotan di sekitarnya.
  • Di usia 11 dan 12 bulan diharapkan bayi memiliki berat badan tiga kali lipat dari berat ketika lahir.

Kalau ibu masih bingung dan ingin bertanya lebih lanjut mengenai berat badan Si Kecil, hubungi saja dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat.  Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.