• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Tepat Melakukan Diet Karbo agar Hasilnya Efektif

Ketahui Cara Tepat Melakukan Diet Karbo agar Hasilnya Efektif

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Cara Tepat Melakukan Diet Karbo agar Hasilnya Efektif

Halodoc, Jakarta – Tentunya metode diet sudah dikenal banyak orang sebagai salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai jenis diet bisa kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi kesehatan, salah satunya adalah diet karbo. Sebaiknya kenali lebih banyak mengenai diet karbo agar kamu dapat melakukan diet karbo dengan tepat sehingga hasilnya efektif.

Baca juga: Seberapa Penting Olahraga saat Masih Menjalani Diet Karbo?

Menjalani diet karbo bukan artinya kamu menghindari berbagai makanan yang memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya. Saat diet karbo kamu masih disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat, tetapi dengan jumlah dan porsi yang lebih sedikit. Itulah yang menyebabkan diet karbo dikenal juga sebagai low carb diet. Lalu, apa saja nutrisi dan gizi yang diperlukan saat menjalankan diet karbo? Berikut ulasannya.

Lakukan Diet Karbo dengan Tepat

Diet karbo menjadi salah satu metode diet di mana kamu membatasi asupan karbohidrat dan menambahkan asupan protein dan lemak baik dalam tubuh. Tentunya, besarnya pembatasan karbohidrat saat diet karbo tidak dapat disamakan pada setiap orang yang melakukan. Hal ini disebabkan karbohidrat sebagai salah satu sumber energi yang paling utama bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya. Untuk itu, kamu perlu mengetahui lebih banyak mengenai cara melakukan diet karbo yang tepat agar kamu dapat merasakan manfaatnya dengan optimal. 

Melansir Mayo Clinic, normalnya pada orang dewasa asupan karbohidrat disarankan lebih dari setengah kalori yang dibutuhkan setiap hari. Saat kamu membutuhkan 2000 kalori per hari artinya kamu membutuhkan karbohidrat sebanyak 900–1300 kalori. Namun, pada saat kamu melakukan diet karbo asupan karbohidrat yang masuk perlu disesuaikan dengan tujuan kamu melakukan diet karbo.

Saat kamu ingin menjaga berat badan tetap stabil, pastikan asupan karbohidrat kamu berada di antara 100–150 gram. Asupan ini juga perlu dipenuhi oleh siapa saja yang ingin melakukan diet karbo, tetapi masih memiliki aktivitas yang padat atau sering melakukan olahraga yang cukup berat.

Baca juga: Lebih Baik Mana: Diet Cepat atau Diet Sehat?

Sedangkan asupan sebesar 50–100 gram biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan secara cepat. Selain membatasi asupan karbohidrat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya kamu akan disarankan untuk perbanyak mengonsumsi buah maupun sayuran.

Tidak hanya dapat membantu kamu menjaga berat badan, diet karbo yang dijalani dengan tepat ternyata dapat membantu kamu untuk mencegah berbagai penyakit, seperti:

  1. Sindrom metabolik;
  2. Diabetes;
  3. Tekanan darah tinggi;
  4. Penyakit kardiovaskular.

Itulah beberapa aturan yang bisa kamu lakukan untuk melakukan diet karbo. Metode diet yang dilakukan dengan tepat tentunya dapat membuat kamu merasakan hasil yang optimal. Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai metode diet karbo yang tepat.

Kenali Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari

Sebelum memulai diet karbo, tidak ada salahnya mengenali terlebih dahulu jenis-jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari saat kamu melakukan diet karbo. 

1.Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Meskipun boleh untuk dikonsumsi saat menjalani diet karbo, tetapi sebaiknya jangan konsumsi secara berlebihan. Makanan yang bisa dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan diet karbo, seperti daging sapi, daging ayam, salmon, telur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, susu, dan juga dairy food. Beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan protein dan lemak yang baik sehingga sangat cocok dikonsumsi saat menjalani diet karbo.

2.Makanan yang Harus Dihindari

Makanan ini sebaiknya dihindari atau dibatasi asupannya dalam tubuh agar proses diet karbo yang kamu jalani dapat berjalan dengan efektif. Hindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula tambahan, lemak jahat, produk rendah lemak, makanan cepat saji, dan juga makanan kemasan.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Diet

Itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi atau dibatasi pengonsumsiannya. Sebaiknya lakukan diet karbo secara bertahap agar tubuh dapat menyesuaikan dengan perlahan. Melakukan diet karbo secara tiba-tiba dapat menyebabkan beberapa efek samping pada kesehatan, seperti sakit kepala, lemas, bau mulut, kram otot, hingga gangguan pada pencernaan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Low Carb Diet: Can It Help You Lose Weight?
Healthline. Diakses pada 2020. A Low Carb Meal Plan and Menu to Improve Your Health.
Healthline. Diakses pada 2020. The 8 Most Popular Ways to Do a Low Carb Diet.