• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Tepat Merawat Organ Vital Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Tepat Merawat Organ Vital Wanita

Ketahui Cara Tepat Merawat Organ Vital Wanita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Mei 2022

“Merawat kebersihan organ vital wanita diperlukan agar alat kelamin tetap bersih dan saluran reproduksi tetap sehat. Caranya dengan membersihkan organ vital saat buang kotoran dengan tepat, hingga mengganti pembalut setiap 3-4 jam, atau kapanpun saat harus diganti.”

Ketahui Cara Tepat Merawat Organ Vital Wanita

Halodoc, Jakarta – Kesehatan organ vital wanita berpengaruh pada banyak aspek, seperti kesuburan dan kualitas hubungan intim. Jika tidak dirawat dengan tepat, masalah pada alat vital wanita rentan terjadi hingga memungkinkan munculnya berbagai penyakit. Itulah pentingnya pengetahuan tentang cara merawat organ vital wanita. 

Merawat kebersihan organ vital diperlukan agar alat kelamin tetap bersih dan saluran reproduksi pun tetap sehat. Berapapun usia kamu, ada beberapa aturan dasar kebersihan vagina yang harus diketahui setiap wanita. Lantas, bagaimana cara merawat organ vital wanita yang tepat?

Cara Merawat Organ Vital Wanita

Organ vital memang terlihat kecil dan mudah dirawat, namun pada kenyataannya, organ vital wanita berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim. Maka dari itu, perawatan tepat untuk organ vital wanita harus dilakukan. Berikut beberapa cara merawat organ vital wanita yang tepat:

  1. Membersihkan Organ Vital Setelah Ke Toilet

Setelah Buang Air Kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB), basuhlah dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Hal ini berguna untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke alat kelamin. Kamu juga bisa membasuh dengan air hangat bila memungkinkan. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk agar area tersebut tidak lembap.

  1. Hindari Menggunakan Sabun

Jangan membersihkan alat vital wanita menggunakan sabun yang mengandung pewangi. Karena pewangi bisa memicu iritasi pada alat vital pada sebagian wanita.

  1. Gunakan Bahan yang Lembut untuk Mengeringkan Organ Vital

Saat merawat organ vital, gunakan tisu yang lembut untuk mengeringkannya. Hindari menggunakan tisu makan yang kasar, karena bisa menyebabkan iritasi kulit di area tersebut. Perlu diperhatikan juga agar serat-serat tisu tidak tersisa dan menempel di permukaan organ vital wanita sebab hal tersebut bisa menyebabkan gatal.

  1. Bahan Pakaian Dalam yang Menyerap Keringat

Sebaiknya pilihlah pakaian dalam yang terbuat dari katun agar menyerap keringat dan nyaman. Selain itu, cucilah pakaian dalam yang baru dibeli sebelum menggunakannya. 

  1. Pilih Ukuran Pakaian Dalam yang Pas

Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat, karena bisa mengganggu sirkulasi udara pada area organ vital. 

  1. Cuci Pakaian Dalam Hingga Bersih

Ketika mencuci pakaian dalam, sebaiknya gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung deterjen. Setelah itu bilas hingga bersih agar tidak ada sisa-sisa sabun pada pakaian dalam. Perlu diketahui, sisa sabun ini dapat membuat organ vital wanita bermasalah.

  1. Jaga Agar Pakaian Dalam Tetap Kering

Tidak menyeka vagina setelah buang air kecil dapat menyebabkan celana dalam basah. Hal tersebut bisa menyebabkan bau tidak sedap dan membuat kamu berisiko terkena infeksi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengeringkan organ vital setelah ke toilet dengan tisu lembut atau handuk.

Organ vital juga bisa berkeringat  saat aktivitas kamu tinggi, sehingga menyebabkan pakaian dalam basah. Pada saat-saat seperti ini, selalu bawa celana dalam cadangan agar kamu bisa segera menggantinya saat pakaian dalam basah oleh keringat. 

  1. Ganti Pembalut setelah 4-6 Jam

Wanita yang sedang menstruasi di hari pertama (saat aliran darah banyak) sebaiknya mengganti pembalut setiap empat hingga enam jam. Hal tersebut pun tetap perlu berlanjut saat aliran darah menstruasi sedang ringan. Namun, jika aliran menstruasi sangat deras, mengganti pembalut setiap 3-4 jam adalah sebuah keharusan. 

  1. Hindari Mencukur Rambut Kemaluan

Beberapa wanita merasa terganggu dengan rambut kemaluan sehingga mencukurnya sampai habis. Perlu diketahui, keberadaan rambut kemaluan bukan berarti kotor. Karena rambut kemaluan bertindak sebagai jaring pengaman yang melindungi vulva (bagian luar alat kelamin wanita) dari infeksi bakteri. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara merawat organ vital wanita. Pastikan kamu melakukannya dengan tepat demi kebersihan dan kesehatan organ vital. Jika kamu mengalami gejala yang mengkhawatirkan terkait organ vital wanita, segera tanya dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2022. Top 12 vaginal hygiene tips every woman should know.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Should you clean your vagina?
Healthline. Diakses pada 2022. So-Called ‘Feminine’ Hygiene Is Important for Anyone Who Has a Vagina.