13 January 2018

Ketahui Dampak MSG Berlebih Bagi Kesehatan

Ketahui Dampak MSG Berlebih Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Monosodium glutamate (MSG) yang sudah dikenal sejak dulu merupakan zat tambahan yang digunakan untuk meningkatkan rasa makanan menjadi lebih gurih dan lezat. MSG ini banyak ditemukan pada masakan yang memiliki rasa asin, fast food, soft drink, dan berbagai jenis makanan lainnya. MSG sendiri merupakan molekul sodium yang dikombinasi dengan asam glutamat. Molekul sodium digunakan untuk menstabilkan molekul glutamat, sementara asam glutamat berguna sebagai penyedap rasa.

Di kalangan ilmuwan sendiri, sebagian menyebut glutamat sebagai “umami” yang merupakan sebuah penyebutan untuk rasa kelima (selain manis, asin, pahit, dan asam) dengan bisa dirasakan oleh indera perasa manusia. Sebenarnya glutamat (umami) tidak memiliki rasa, namun bisa meningkatkan rasa lain dan menambahkan rasa gurih.

Beberapa organisasi seperti  Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Food and Agriculture Organization (FAO), Food and Drug Administration (FDA), dan World Health Organization (WHO) mengkategorikan MSG sebagai bahan makanan yang secara umum dianggap aman untuk dikonsumsi, asalkan dalam jumlah yang kecil. Pada masakan Asia khususnya makanan Tiongkok, rasa umami dan penggunaan MSG telah lama menjadi bahan tambahan. Meskipun MSG memiliki kemampuan untuk  menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat, namun perlu diwaspadai dampak konsumsi MSG berlebih karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Dampak MSG

Perlu diketahui jika terdapat sebagian orang yang memiliki sensitivitas atau alergi terhadap MSG. Karena  tingkat sensitivitas setiap orang terhadap MSG memang berbeda-beda. Dampak konsumsi MSG berlebih dalam jangka panjang terbukti bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan obesitas. Namun secara ilmiah untuk diabetes hal ini belum terkonfirmasi. MSG telah digunakan sebagai aditif makanan sejak lama dan bisa menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh bila digunakan secara berlebih, seperti:

  1. Berkeringat
  2. Detak jantung yang cepat
  3. Kulit menjadi merah
  4. Mati rasa, kesemutan atau rasa terbakar di bagian tubuh tertentu, misalnya leher dan wajah
  5. Mual
  6. Nyeri dada
  7. Sakit kepala
  8. Tekanan atau rasa kencang pada wajah
  9. Tubuh menjadi lemas

Cara Membuat Makanan Tetap Lezat Tanpa Menambahkan MSG

Kamu tidak perlu khawatir akan masakan yang kurang sedap bila tidak menggunakan MSG. Karena sebenarnya rasa gurih atau umami bisa kamu dapatkan tanpa harus menambahkan MSG. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan rasa umami secara alami:

  1. Tomat
  2. Kecap asin
  3. Jamur
  4. Sawi putih
  5. Kecap ikan
  6. Rumput laut
  7. Zaitun

Jika kamu mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, cobalah untuk membatasi penggunaan MSG, baik dalam masakan dan juga konsumsi makanan kemasan. Dan jika gejala-gejala tersebut bertambah parah, sebaiknya kamu mendiskusikannya pada dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Aplikasi ini merupakan media untuk berkomunikasi langsung dengan berbagai dokter ahli terpercaya melalui chat, voice call, maupun video call melalui menu Contact Doctor. Kamu bisa menanyakan hal-hal terkait kesehatan kapan saja dan di mana saja. Selain itu kamu juga bisa membeli kebutuhan seperti obat maupun vitamin melalui menu Pharmacy Delivery yang sampai hanya 1 jam. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.