26 December 2017

Ketahui Fakta Minum Jus untuk Diet

Ketahui Fakta Minum Jus untuk Diet

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan, salah satu cara yang paling sering dicoba oleh banyak orang adalah dengan minum jus buah.  Selain bisa menurunkan berat badan, minum jus buah juga dipercaya dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Namun, apakah diet dengan cara minum jus buah atau sayuran aman untuk dilakukan?

Diet dengan minum jus buah-buahan dan sayuran ini biasanya dilakukan selama beberapa hari hingga beberapa minggu dan hanya disertai dengan mengonsumsi makanan lainnya dalam porsi yang sangat sedikit. Setelah menjalani diet ini, mungkin berat badanmu memang dapat menurun, karena minimnya kalori yang ada dalam jus buah menyebabkan tubuh harus membakar cadangan energi yang ada di dalam tubuh agar kamu tetap dapat beraktivitas. Namun, tidak hanya berat badanmu yang akan menurun, kesehatanmu pun bisa menurun karena tubuh kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Berikut adalah beberapa risiko minum jus untuk diet:

  • Tubuh Kekurangan Asupan Protein

Minum jus buah-buahan dan sayuran memang dapat memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, tapi tidak dengan kebutuhan protein dalam tubuh. Kekurangan protein dapat menyebabkan kamu memiliki napsu yang lebih besar untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti daging-dagingan dan kue. Kamu pun akan mudah terserang penyakit dan massa ototmu akan berkurang, sehingga membuatmu lemas ketika beraktivitas sehari-hari.

  • Tubuh Kekurangan Sodium

Jus buah-buahan dan sayuran hanya mengandung serat dan vitamin, tapi kadar nutrisi lainnya rendah. Salah satunya adalah kadar sodium. Jika kamu hanya mengonsumsi jus saja selama beberapa hari, maka tubuh bisa kekurangan sodium, sehingga bisa menyebabkan kamu sakit kepala , lemas, limbung, dan mual.

  • Rendah Kalori

Kandungan lainnya yang juga sangat sedikit dalam jus adalah kalori. Walaupun sedang diet, kamu tetap disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh, minimal 1200 kalori. Jika kurang dari itu, kamu akan berisiko mengalami gangguan kesehatan tertentu, seperti batu empedu. Hanya mengonsumsi jus buah dan sayur selama berhari-hari juga dapat mengganggu metabolisme normal tubuh.

  • Mudah Lapar

Berbeda jika kamu mengonsumsi buah dan sayur secara langsung, jus hanya mengandung serat dalam jumlah sedikit, bahkan 90 persen kandungan seratnya bisa hilang. Padahal serat dan asupan protein yang dapat membuatmu kenyang lebih lama. Tekstur jus yang cair juga dapat membuat tubuh tidak sadar adanya kalori yang masuk, sehingga kamu akan terus menerus merasa lapar.

Tips Minum Jus untuk Diet

Walaupun demikian, jus buah dan sayur-sayuran tetap merupakan minuman yang menyehatkan untuk dikonsumsi saat sedang diet. Sebagian ahli kesehatan mengungkapkan bahwa jus buah dan sayur bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Jus juga bermanfaat mendorong sistem imunitas dalam tubuh. Berikut tips-tips mengonsumsi jus buah yang tepat untuk kamu yang sedang diet:

  • Ketahui Waktu yang Tepat Minum Jus Buah

Jus buah dan sayur-sayuran paling baik diminum di pagi hari atau setidaknya setengah jam sebelum makan. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk minum jus buah, karena pada saat itu perutmu masih dalam keadaan kosong. Sedangkan jika jus diminum berbarengan saat makan makanan lain, nutrisi dari jus tidak bisa terserap dengan baik. Jus juga disarankan untuk segera langsung diminum setelah dibuat, dan jangan sampai lewat dari satu hari.

  • Pilih Buah yang Mengandung Serat Tinggi

Untuk kamu yang sedang diet, pilihlah buah yang mengandung serat tinggi agar dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga napsu makanmu pun ikut terkontrol. Dibanding menggunakan mesin pembuat jus yang dapat menghilangkan serat, gunakanlah blender untuk membuat jus yang tidak akan menghilangkan kandungan dalam jus buah dan sayur.

  • Porsi Buah & Sayur yang Dianjurkan

Menurut National Health Service, porsi makan buah pada setiap orang berbeda-beda, tergantung usia dan berat badannya. Tapi jika kamu ingin mengonsumsi jus buah dan sayur untuk diet, porsi yang disarankan dalam sehari adalah dua porsi buah dan empat porsi sayur dengan kombinasi warna dan rasa yang berbeda.

Kamu tetap dianjurkan untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin menerapkan diet dengan mengonsumsi jus buah. Jika kamu punya pertanyaan seputar diet dan nutrisi, jangan ragu untuk langsung bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.