• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia

Ketahui Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 November 2022

“Gerak peristaltik memungkinkan pencernaan terjadi, sebab gerak inilah yang membuat makanan dan cairan bisa melalui setiap tahap proses pencernaan. Tanpa peristaltik, kamu tidak akan bisa makan atau buang air besar.”

Ketahui Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan ManusiaKetahui Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia

Halodoc, Jakarta – Gerak peristaltik adalah jenis gerakan otot tak sadar yang terjadi di sistem pencernaan. Ini dimulai di tenggorokan saat menelan, kemudian mendorong makanan dan cairan ke seluruh saluran pencernaan. 

Saluran pencernaan menyerupai serangkaian organ berongga yang bergabung bersama untuk membentuk satu lorong panjang. Lorong itu dilapisi dengan otot dan saraf. Ketika makanan atau cairan memasuki saluran pencernaan, saraf memicu otot untuk memulai serangkaian kontraksi seperti gelombang. Kontraksi otot ini secara otomatis menggerakkan makanan dan cairan ke depan hingga mencapai pintu keluarnya di anus atau uretra.

Pada dasarnya, fungsi gerak peristaltik pada pencernaan manusia adalah mengolah dan mengeluarkan sisa makanan. Informasi selengkapnya mengenai gerak peristaltik bisa dibaca selengkapnya di sini!

Fungsi Peristaltik dalam Pencernaan

Gerak peristaltik memungkinkan pencernaan terjadi, sebab gerak inilah yang membantu n makanan dan cairan bisa melalui setiap tahap proses pencernaan. Tanpa peristaltik, kamu tidak bisa makan atau buang air besar. 

Gerak peristaltik juga memungkinkan tubuh untuk memecah makanan untuk pencernaan dan menyerap nutrisi di sepanjang proses pencernaan terjadi. Selain itu, gerak peristaltik juga bertanggung jawab untuk membersihkan akumulasi bakteri dan produk limbah pada waktu yang tepat. 

Jika gerak peristaltik terganggu, fungsi pencernaan tak akan berjalan semestinya. Ada beberapa gangguan yang mungkin terjadi, misalnya tidak cukup waktu untuk mencerna makanan, atau terlalu banyak waktu untuk membersihkan lorong cerna. 

Pada dasarnya gerak peristaltik terjadi di seluruh saluran pencernaan, terutama di kerongkongan. Saat menelan, tenggorokan (faring) memulai proses dengan mendorong makanan dan cairan ke dalam kerongkongan (pipa makanan), yang mengarah ke perut. Kerongkongan memiliki gelombang peristaltik primer yang dipicu oleh gerakan menelan, dan gelombang peristaltik sekunder yang muncul ketika gerakan menelan pertama tidak cukup. 

Gerakan peristaltik kedua dipicu oleh peregangan dinding kerongkongan ketika ada benjolan besar untuk ditelan. Gangguan kerongkongan yang melibatkan peristaltik dapat menyebabkan masalah menelan.

Setelah kerongkongan, gerak peristaltik berlanjut melalui perut dan kedua usus. Prosesnya melambat untuk memungkinkan segmentasi. Selama segmentasi, peristaltik memungkinkan kantong empedu memindahkan empedu ke usus kecil untuk membantu pencernaan. Ini juga memungkinkan ginjal memindahkan cairan ke kandung kemih. 

Pada akhir proses pencernaan, peristaltik di uretra akan mengeluarkan urine dari tubuh, dan peristaltik di rektum dan anus akan bergerak mengeluarkan tinja. Ketika sistem pencernaan kosong, seperti pada malam hari saat tidur, peristaltik terus membersihkan sisa residu.

Cara Menjaga Kesehatan Gerak Peristaltik

Setelah menyadari pentingnya fungsi gerak peristaltik, kamu pun wajib menjaga kesehatannya. Gaya hidup sehat adalah cara untuk menjaga kesehatan gerak peristaltik. 

Cara yang bisa diterapkan untuk menjaga fungsi gerak peristaltik adalah:

1. Olahraga yang Cukup

Lakukan setidaknya olahraga 30 menit sehari untuk meningkatkan kerja usus dan pencernaan. 

2. Minum Air yang Cukup

Setidaknya 8 gelas sehari membantu menjaga peristaltik bergerak sesuai dengan fungsinya. 

3. Makan Makanan Berserat

Biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran adalah jenis makanan yang dapat merangsang gerak peristaltik. 

4. Kurangi Makanan Olahan

Kandungan lemak tinggi dan karbohidrat olahan memperlambat pencernaan. Itu sebabnya perlu mengurangi asupan makanan olahan.

Itulah informasi mengenai fungsi gerak peristaltik pada pencernaan manusia. Kalau kamu punya masalah dengan pencernaan, kamu bisa  buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan sesuai dengan domisili. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Peristalsis
Visible Body. Diakses pada 2022. Peristalsis Creates Propulsion: How Food Moves Through the Alimentary Canal.