• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Kegunaan Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Ketahui Kegunaan Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Vitamin C dikenal juga sebagai asam askorbat yang diperlukan oleh tumbuh untuk pertumbuhan, pengembangan, dan perbaikan semua jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga berperan langsung dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, sistem kekebalan tubuh, dan penyembuhan luka. 

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Selain itu, vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat melindungi kesehatan tubuh dari paparan radikal bebas. Konsumsi vitamin C secukupnya agar manfaatnya dapat dirasakan pada kesehatan. Kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko mudah memar, perdarahan, hingga gangguan kesehatan kulit. Ketahui beberapa kegunaan vitamin C untuk kesehatan kulit berikut ini.

Ketahui Dosis Vitamin C yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Kelebihan vitamin C dalam tubuh tidak akan disimpan oleh tubuh, namun, kelebihan vitamin C dapat tingkatkan risiko sakit perut atau nyeri pada perut. Jadi, tidak ada salahnya ketahui batasan-batasan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Melansir Very Well Health, berikut adalah dosis yang dibutuhkan tubuh sesuai dengan usia, yaitu:

  1. Anak-anak 0-6 bulan membutuhkan 40 mg per hari.
  2. Anak-anak 7-12 bulan membutuhkan 50 mg per hari.
  3. Anak-anak 1-3 tahun membutuhkan 15 mg per hari.
  4. Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan 25 mg per hari.
  5. Anak-anak 9-13 tahun membutuhkan 45 mg per hari.
  6. Wanita 14-18 tahun membutuhkan 65 mg per hari.
  7. Pria 14-18 tahun membutuhkan 75 mg per hari.
  8. Wanita 19 tahun ke atas membutuhkan 75 mg per hari.
  9. Pria 19 tahun ke atas membutuhkan 90 mg per hari.
  10. Wanita hamil membutuhkan 80-85 mg per hari.
  11. Wanita menyusui membutuhkan 115-120 mg per hari.

Itulah dosis yang dibutuhkan oleh individu tiap harinya. Tidak ada salahnya memenuhi vitamin C dengan mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Selain tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: Ingin Suntik Vitamin C? Kenali Dulu Manfaat dan Bahayanya

Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Ketahui beberapa manfaat yang kamu rasakan ketika memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Melansir jurnal Nutrients yang berjudul The Roles of Vitamin C in Skin Health, vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit untuk menghindari paparan radikal bebas.

Vitamin C dalam kulit mampu menetralkan dan menghilangkan oksidan pada kulit. Biasanya, fungsi vitamin C dalam mencegah paparan radikal bebas pada kulit akan lebih optimal jika digunakan bersama dengan vitamin E. 

Selain menjaga kulit dari paparan radikal bebas, vitamin C pada kulit juga berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Melansir Canyon Ranch, potensi vitamin C dalam kulit dapat mengurangi peradangan dan meminimalkan gejala penuaan dini pada kulit, seperti kulit kering atau keriput.

Vitamin C pada kulit juga dapat mengurangi bintik hitam atau perubahan warna pada kulit. Menurut Howard Sobel, ahli dermatologi dari New York, vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang baik digunakan untuk mencerahkan wajah tanpa mengubah pigmentasi warna kulit normal.

Itulah manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memenuhi vitamin C setiap harinya. Penuhi kebutuhan vitamin C dari berbagai makanan yang menjadi sumber vitamin C, seperti buah-buahan sitrus dan sayuran berdaun hijau gelap.

Jangan lupa juga untuk melakukan kebiasaan lain yang membantu kamu untuk menyehatkan kulit, seperti mengonsumsi air putih yang cukup dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Ini Bahayanya Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C

Jika kamu mengalami beberapa gangguan kesehatan pada kulit, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter agar keluhan kesehatan yang dialami dapat segera diatasi. Kamu juga bisa mencari rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan terhadap gangguan kesehatan kulit yang sudah kamu alami selama beberapa hari.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Vitamin C
Nutrients. Diakses pada 2020. The Roles of Vitamin C in Skin Health
Allure. Everything You Need to Know About Vitamin C, the Holy Grail of Skin Care Ingredients
Canyon Ranch. Diakses pada 2020. The Skin Benefits of Vitamin C
Web MD. Diakses pada 2020. The Benefits of Vitamin C