• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Makanan yang Baik untuk ASI Booster

Ketahui Makanan yang Baik untuk ASI Booster

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui Makanan yang Baik untuk ASI Booster

Halodoc, Jakarta – Air susu ibu (ASI) diproduksi tubuh secara alami selama ibu dalam masa menyusui. Normalnya, produksi ASI akan berlangsung selama 6 bulan hingga 2 tahun, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Namun, jumlah produksi ASI antara satu ibu dengan yang lainnya bisa saja berbeda, ada yang sedikit ada pula yang melimpah. Namun jangan khawatir, ibu bisa mengonsumsi beberapa makanan booster ASI. 

Booster ASI adalah istilah yang digunakan untuk makanan yang dipercaya bisa membantu melancarkan ASI. Mengonsumsi jenis makanan ini bisa membantu meningkatkan jumlah produksi dan bisa membuat air susu ibu lebih berkualitas. Lantas, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan jumlah produksi ASI? Cari tahu jawabannya di sini!

Baca juga: Ibu Wajib Tahu Pentingnya ASI Eksklusif

Makanan untuk Melancarkan ASI

Konsumsi ASI booster bisa membantu melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI. Bagi ibu yang merasa memiliki produksi air susu sedikit, tidak ada salahnya untuk mencoba konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini: 

1.Kacang Almond 

Sebenarnya, semua jenis kacang-kacangan bisa dimanfaatkan untuk booster ASI, tapi kacang almond disebut lebih unggul. Bukan tanpa alasan, jenis kacang yang satu ini nyatanya memiliki banyak kandungan nutrisi. Almond mengandung asam lemak esensial, protein, vitamin E, kalsium, zinc, dan zat besi. Seluruh nutrisi tersebut bisa meningkatkan produksi dan kualitas air susu ibu. 

2.Bayam 

Ibu menyusui juga disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau, salah satunya bayam. Jenis sayuran ini memiliki banyak kandungan zat besi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Selain itu, mengonsumsi bayam juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Pasalnya, kadar zat besi yang rendah pada darah terbukti bisa menurunkan produksi air susu ibu.

Baca juga: Meningkatkan Produksi ASI dengan 6 Cara Ini

3.Oat  

Ibu juga bisa mengonsumsi oat untuk meningkatkan produksi ASI. Makanan ini memiliki kandungan seperti serat, kalsium, zat besi, dan juga vitamin. Kandungan nutrisi tersebut bisa membantu meningkatkan produksi ASI serta bisa membantu menurunkan rasa cemas dan depresi yang bisa memicu terhambatnya produksi ASI. 

4.Bawang Putih 

Ternyata, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai booster ASI. Bawang putih diketahui memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh dan bisa menyehatkan. Tidak hanya itu, meski bawang putih memiliki aroma yang menyengat, ternyata bayi menyukainya. Hal itu malah bisa membuat bayi menyusu lebih lama, sehingga merangsang tubuh untuk terus memproduksi ASI. Meski begitu, efek dari bawang putih sebagai booster ASI mungkin akan berbeda-beda antara satu bayi dengan yang lainnya. 

5.Fenugreek 

Fenugreek atau lebih dikenal dengan biji klabet bisa membantu melancarkan ASI secara alami. Maka dari itu, ibu menyusui disarankan untuk rutin mengonsumsi jenis biji-bijian yang satu ini. Fenugreek sudah terbukti bisa membantu meningkatkan jumlah produksi ASI setelah dikonsumsi. 

Kalau masalah produksi ASI sedikit masih terus terjadi dan mulai mengganggu asupan untuk Si Kecil, sebaiknya ibu segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, risiko bayi mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi bisa dicegah. Konsumsi booster ASI memang disarankan, tapi jika tidak juga ada perubahan yang berarti bisa jadi ada gangguan kesehatan yang memicu ASI terhambat. 

Baca juga: Stres Memicu ASI Terlambat Keluar, Mitos atau Fakta?

Jika ragu, ibu bisa mencoba menanyakan seputar booster ASI atau cara lain untuk meningkatkan produksi ASI pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi 
Very Well. Diakses pada 2020. Foods to Increase Breast Milk Supply.
Parenting. Diakses pada 2020. How to Increase Milk Supply. 
Parents. Diakses pada 2020. 5 Foods That Could Help Increase Your Breast Milk Supply.