• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Perawatan Kulit yang Cocok untuk Remaja

Ketahui Perawatan Kulit yang Cocok untuk Remaja

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui Perawatan Kulit yang Cocok untuk Remaja

Halodoc, Jakarta – Lonjakan hormon yang dialami oleh remaja membuat mereka rentan mengalami berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan kulit berminyak. Ini karena lonjakan hormon menyebabkan pembesaran kelenjar minyak dan pori-pori, sehingga membuat kulit mereka rentan terserang jerawat dan komedo. 

Kendati demikian, masalah-masalah kulit tersebut bisa dicegah maupun diminimalkan dengan perawatan kulit yang tepat. Berikut tips perawatan kulit yang aman dan cocok untuk remaja:

Baca juga: Supaya Cantik Maksimal, Ikuti Urutan Skincare Korea Ini

1. Rutin Membersihkan Wajah

Pilihlah pembersih berbusa atau gel untuk membersihkan wajah. Bersihkan sekali sehari atau dua kali sehari bila kamu merasa kulit sangat berminyak atau sangat kotor. Pada remaja wanita, penting juga untuk tidak lupa membersihkan riasan sampai benar-benar terangkat sepenuhnya. Kalau kamu rutin berolahraga, usahakan untuk cuci muka sebelum dan sesudah berolahraga. Untuk remaja yang memiliki kulit kering, sebaiknya pilih pembersih yang melembapkan. 

2. Hapus Makeup sebelum Tidur

Tidak sedikit orang yang malas membersihkan riasan dan membawanya sampai tidur. Kebiasaan seperti ini tidak patut dicontoh, karena riasan yang tidak dibersihkan dapat membuat pori-pori semakin tersumbat yang kemudian menimbulkan jerawat. Kalau kamu sedang merasa malas, setidaknya gunakan tisu pembersih yang telah dibasahi sebelumnya untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan minyak. Kendati demikian, membersihkan riasan dan membasuh muka setelahnya adalah cara yang paling baik dan paling efektif mencegah permasalahan kulit. 

3. Kontrol Produksi Minyak

Minyak berlebih tentu membuat muka kamu tampak mengkilap dan mengganggu penampilan. Jangan khawatir, ada tiga langkah dasar yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol minyak. Pertama, pilih pembersih yang mengandung asam salisilat, gunakan primer bebas minyak untuk mengontrol kilau, dan kurangi noda minyak di siang hari menggunakan kertas minyak wajah. 

4. Lakukan Eksfoliasi

Kamu juga perlu melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu dengan menggunakan produk yang relatif lembut. Jangan menggosok wajah terlalu keras dan hindari melakukan eksfoliasi terlalu kering karena justru bisa membuat kulit kamu menjadi sensitif.

Baca juga: 6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

5. Jangan Berbagi Produk dan Alat Makeup

Seakrab atau sedekat apapun dengan teman kamu, sebaiknya jangan pernah berbagi produk dan alat makeup. Berbagi produk mata dan bibir adalah ide yang buruk, karena hal ini dapat mentransfer kuman yang ada di wajah teman kamu.

6. Jaga Kebersihan Tangan

Salah satu cara untuk membantu kulit tetap sehat adalah dengan melindunginya dari kotoran dan terlalu banyak kuman. Cuci tangan sebelum menyentuh wajah atau merias wajah dan bersihkan ponsel secara teratur. Selain itu, hindari menyentuh area wajah saat sedang kotor, apalagi jika wajahmu sedang berjerawat. 

7. Kenakan Tabir Surya

Kalau kamu ingin memiliki kulit wajah yang awet muda, sebaiknya jangan pernah melewatkan tabir surya sebelum bepergian. Menggunakan tabir surya juga membantu mencegah jerawat menjadi gelap. Pilih produk yang bebas minyak dan cari kosmetik, seperti alas bedak cair yang sudah mengandung tabir surya.

Baca juga: Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulitmu

Itulah tips-tips perawatan kulit yang simpel dan sederhana untuk remaja. Kalau kamu punya keluhan tentang masalah kulit lainnya, kamu dapat menghubungi dokter kulit langsung lewat aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi ini, kamu dapat bertanya sepuasnya tentang keluhan yang kamu alami. 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. Skin Care for Teen Skin.
WebMD. Diakses pada 2020. Skin Care Tips for Teens.