• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Seluk Beluk Mengenai Dislokasi Lutut

Ketahui Seluk Beluk Mengenai Dislokasi Lutut

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ketahui Seluk Beluk Mengenai Dislokasi Lutut

Halodoc, Jakarta – Dislokasi lutut adalah cedera traumatis yang ditandai dengan tingkat cedera vaskular yang tinggi. Dislokasi lutut terjadi ketika tiga tulang lutut keluar dari tempatnya dan tidak sejajar sebagaimana mestinya. Sering kali dislokasi lutut terjadi saat peristiwa traumatis mendorong tulang di sendi lutut keluar dari tempatnya dengan kekuatan besar. Ini bisa dibilang kondisi darurat, dan sangat menyakitkan.

Jika lutut terkilir, tulang paha dan tulang kering mungkin sepenuhnya atau sebagian akan keluar dari tempatnya. Lutut yang terkilir berbeda dengan tempurung lutut yang terkilir. Ketika lutut terkilir, bisa saja area lain yang berdekatan dengan lutut ikut rusak pada saat yang bersamaan. Untuk itu, kamu perlu segera mendapat penanganan dari dokter.

Baca juga: 5 Penanganan Medis Dislokasi Sendi 

Gejala Dislokasi Lutut

Bagaimana tahu kalau kamu sedang mengalami dislokasi lutut? Cirinya adalah sebagai berikut:

  • Menyebabkan nyeri hebat di lutut.
  • Terlihat tidak seimbang.
  • Lutut akan membengkak karena cairan di lutut dan nyeri saat melakukan gerakan apa pun.
  • Gejala yang sangat serius termasuk hilangnya denyut nadi di bawah lutut atau hilangnya perasaan atau gerakan di bawah lutut.

Jika itu bukan sesuatu yang dialami sejak lahir (dislokasi kongenital), dislokasi lutut terjadi akibat trauma serius seperti:

1. Kecelakaan mobil. Jika lutut terbentur ke permukaan yang keras seperti dasbor, kekuatan pukulan mungkin cukup kuat untuk membuat lutut terkilir.

2. Cedera olahraga. Ini lebih jarang terjadi daripada kecelakaan mobil, tetapi lutut mungkin terkilir jika kamu bertabrakan kuat dengan pemain lain atau dengan tanah saat lutut ditekuk.

3. Jatuh dengan keras. Ini mungkin kerap terjadi pada pemain ski atau pelari yang kehilangan kendali dan jatuh pada lutut yang tertekuk atau terlalu berlebihan. Kamu bahkan mungkin terkilir jika lutut jatuh setelah tidak sengaja kaki masuk ke lubang di tanah.

Baca juga: Sendi Sering Sakit, Coba Cek Gejala Arthritis

Dislokasi lutut atau lutut yang terkilir membutuhkan perawatan medis segera ketika kamu mengalami kondisi: 

1. Nyeri hebat atau bengkak setelah cedera serius (seperti tabrakan mobil).

2. Deformitas lutut yang jelas.

3. Mati rasa di kaki.

4. Tidak ada denyut di kaki.

Informasi selengkapnya mengenai dislokasi lutut bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Perawatan untuk Dislokasi Lutut

Cedera ini tidak boleh dirawat di rumah. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mendapatkan perawatan medis secepat mungkin. Menempatkan es di area cedera dapat membantu mengendalikan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Namun, perawatan yang paling penting adalah meminta dokter menilai cedera serta memindahkan atau mengembalikan lutut ke tempatnya.

Baca juga: 6 Langkah Mudah Mencegah Dislokasi

Tergantung pada kondisinya, dokter akan melakukan jenis perawatan tertentu, seperti:

1. Relokasi 

Dokter akan mengembalikan tungkai bawah ke posisinya atau proses yang disebut reduksi. Relokasi merupakan langkah awal yang penting dalam memperbaiki kerusakan saraf, pembuluh darah, ligamen, dan jaringan lutut lainnya. Relokasi biasanya dilakukan oleh dokter gawat darurat dan ortopedi.

2. Pembedahan

Jika cedera arteri dipastikan ada, pembedahan segera oleh ahli bedah trauma atau vaskular untuk memperbaiki pembuluh yang cedera dan menjaga aliran darah ke kaki diperlukan.

3. Imobilisasi 

Untuk menghindari cedera lebih lanjut dan untuk membantu awal penyembuhan, seluruh sendi lutut akan disimpan dalam bidai atau immobilizer. Ini akan mencegah lutut menekuk dan membantu jaringan memulai penyembuhan.

4. Operasi Rekonstruksi

Dislokasi lutut hampir selalu menyebabkan robekan parah dan keseleo pada ligamen dan terkadang patah pada tulang lutut. Setelah pembengkakan berkurang, lutut mungkin memerlukan operasi rekonstruksi untuk mendapatkan kembali fungsinya. Diperlukan seorang spesialis tulang (ahli ortopedi) untuk menangani kondisi ini. 

Referensi:
Ortho Bullets. Diakses pada 2020. Knee Dislocation.
WebMD. Diakses pada 2020. Knee Dislocation.
Emedicine Health. Diakses pada 2020. Dislocated Knee Symptoms, Treatment, Surgery, and Recovery.