25 April 2018

Kromosom Pengaruhi Kemiripan Si Kecil dengan Orang Tua

Kromosom Pengaruhi Kemiripan Si Kecil dengan Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Saat masa kehamilan, pasti banyak orang tua yang penasaran dengan wajah anaknya. Apakah akan mirip dengan ayahnya atau mirip dengan ibunya? Nah yang pasti, bayi yang ibu lahirkan akan memiliki kemiripan dengan ayah dan juga kemiripan dengan ibu, entah di beberapa bagian tubuh atau bahkan kemiripan pada wajah. Ini karena, setiap bayi mendapatkan 46 kromosom yang berbeda, 23 kromosom dari ayahnya dan 23 kromosom dari ibunya di dalam setiap inti selnya. Kromosom sendiri adalah struktur berupa benang halus yang membawa informasi genetik (gen).

(Baca juga: 4 Hal Ini Bisa Buat Si Kecil Terlahir dengan Badan Tinggi)

Kromosom Pembawa Gen

Kemiripan wajah dan bentuk dipengaruhi oleh gen yang dibawa oleh kromosom. Dalam prosesnya, seorang bayi dihasilkan dari pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Baik sel sperma maupun sel telur masing-masing membawa gen keturunan bagi janin yang ada di rahim ibu. Dapat dikatakan bahwa gen adalah pembawa sifat manusia. Gen ini yang nantinya akan dapat menentukan seorang anak lebih mirip ayah atau ibu mereka, baik dari wajah, fisik, bahkan sifat-sifat si kecil.

  • Wajah dan Bentuk Tubuh Si Kecil

Karakteristik wajah dan tubuh bayi memang sangat dipengaruhi oleh kromosom yang membawa gen dari kedua orang tua bayi. Tidak hanya bentuk wajah saja, bagian anggota tubuh lainnya juga bisa muncul secara turun temurun, misalnya bentuk jari atau bentuk kuku yang dikarenakan faktor genetik. Tidak hanya itu, pola sidik jari, bentuk rahang, dan kemiringan gigi  juga ditentukan oleh faktor genetik. Warna mata rupanya juga salah satu faktor yang dipengaruhi oleh genetik dari ayah atau ibu Si Kecil.

  • Tinggi Badan dan Berat Badan Si Kecil

Faktor genetik juga memengaruhi tinggi dan berat badan si kecil. Biasanya, anak laki-laki diperkirakan akan mendapatkan faktor genetik ayahnya untuk urusan tinggi badan, begitu juga dengan anak perempuan yang biasanya diperkirakan mendapatkan faktor genetik ibu. Namun selain itu, faktor lingkungan juga dapat memengaruhi tinggi badan dan berat badan bayi. Bukan hanya nutrisi dan gizi yang dipenuhi saat bayi lahir, saat masih dalam rahim, berat bayi juga ditentukan dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu saat mengandung. Nah, maka sebaiknya ibu hamil bisa memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang dikonsumsi, agar kehamilan tetap sehat dan mendapatkan nutrisi dan gizi yang optimal.

  • Sifat dan Karakter Si Kecil

Beberapa sifat dan karakter pada anak bisa ditentukan dengan melihat perkembangan Si Kecil. Sifat dan karakter bisa mirip dengan salah satu orang tua, baik itu ayah atau ibu. Ini dikarenakan salah satu gen dari ayah atau ibu mendominasi, sehingga Si Kecil mengikuti gen dominan. Biasanya, gen seorang ayah akan menurunkan keahlian pada perkembangan anak. Sedangkan, penelitian yang diterbitkan dalam Psychology Spot, mengungkapkan gen seorang ibu biasanya akan menurunkan kecerdasan pada anak.

Nah, itu tadi informasi mengenai faktor-faktor pada tubuh Si Kecil yang bisa dipengaruhi oleh adanya kromosom dan faktor genetik. Jika ibu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kesehatan tubuh anak, langsung saja download aplikasi Halodoc. Di sini ibu bisa bertanya dengan beberapa dokter pada fitur Contact Doctor dan berinteraksi melalui Video Call maupun Voice Call kapan saja dan di mana saja.