07 August 2018

Kulit Tetap Sehat saat Hiking, Ini Skincare yang Harus Dibawa

skincare, skincare untuk naik gunung

Halodoc, Jakarta - Memasuki musim liburan, beberapa di antara kamu dan teman-teman atau keluarga pasti sudah menentukan destinasi yang akan kamu datangi. Entah itu gunung atau pantai, semuanya tergantung selera kamu.

Namun, banyak juga orang yang mengeluhkan perubahan kulit yang terjadi seusai liburan, seperti kusam atau bahkan terbakar matahari. Apabila hal ini terjadi, pasti butuh waktu lama untuk mengembalikan kondisi ke keadaan semula.

Ketimbang repot melakukan beragam perawatan seusai liburan, lebih baik menggunakan produk skincare khusus saat liburan. Nah, untuk kamu yang gemar naik gunung, berikut ini adalah skincare untuk naik gunung yang wajib dibawa:

Baca juga: Tips Kesehatan Sebelum Coba Naik Gunung

  1. Tabir Surya

Untuk menghindari paparan sinar matahari yang memicu sunburn, wajib hukumnya membawa produk ini ke dalam ransel kamu. Pasalnya, UV A dan UV B yang terkandung dalam sinar matahari akan lebih intens mengenai kulitmu, sehingga kulitmu membutuhkan perlindungan yang lebih.

Gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF agar kulitmu semakin terlindungi. Selain itu, pemakaiannya pun tidak hanya dilakukan saat pagi hari. Kamu juga harus mengaplikasikannya ke wajah dan permukaan kulit yang rentan terpapar langsung sinar matahari secara berkala, yaitu sekitar 2 hingga 3 jam sekali.

  1. Moisturizer

Penggunaan tabir surya juga dirasa belum cukup untuk melindungi kulitmu. Aktivitas yang kamu lakukan di luar pun rentan membuat kulit menjadi kering dan butuh pelembap. Selain itu, penggunaan riasan wajah yang berlebihan saat naik gunung cukup berbahaya. Maka dari itu, produk ini cocok untuk digunakan saat naik gunung.

Di toko-toko banyak sekali jenis produk ini. Namun pastikan untuk memilih produk yang sesuai jenis kulitmu. Pastikan juga produk tersebut cepat menyerap di kulit agar tidak terlihat berminyak dan basah di kulit.

  1. Lip Balm

Kulit bibir juga harus kamu jaga agar tidak kering dan pecah-pecah selama naik gunung. Penggunaan lip balm juga mampu mencegah kulit bibirmu dari iritasi akibat paparan sinar UV. Untuk itu, pastikan juga agar lip balm yang kamu gunakan juga mengandung SPF.

Baca juga: Udara Dingin Menyerang, Cari Tahu Manfaat Pelembab Bibir

  1. Facial Wipes

Saat naik gunung, kamu tidak bisa memastikan bahwa kondisi akan baik-baik saja. Bisa saja jalur yang kamu lalui tiba-tiba berlumpur atau semacamnya. Nah, facial wipes ini hadir sebagai solusi membersihkan wajah dengan cepat. Selain praktis, produk ini juga akan tetap menjaga kulit tetap bersih, lembut, dan mulus.

  1. Soothing Gel

Saat naik gunung, kulitmu juga rentan terbakar matahari dan menjadi kering. Nah, pada kondisi ini lah kamu butuh soothing gel yang merupakan pelembap dan tidak meninggalkan lengket di kulit. Soothing gel merupakan pelembap yang tepat untuk kamu bawa ketika naik gunung. Selain mudah menyerap, soothing gel juga memiliki banyak fungsinya. Seperti untuk mengatasi kulit iritasi, terbakar, bahkan mengelupas.

Nah, untuk menghindari repot atau kelebihan beban saat naik gunung, pastikan agar produk skincare untuk naik gunung yang kamu bawa dalam ukuran yang praktis. Selain itu, pastikan untuk menjaga kondisi kesehatan selama pendakian dengan minum banyak air, mengatur pernapasan, dan beristirahat jika sudah merasa lelah.

Apabila kamu mengidap penyakit tertentu, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan pendakian. Kamu bisa meminta saran kesehatan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat.  Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!