01 February 2018

Lagi Musim, ini Alasan Vaksin Influenza Penting

Lagi Musim, ini Alasan Vaksin Influenza Penting

Halodoc, Jakarta –  Di musim penghujan, influenza atau flu adalah penyakit yang cukup sering dan paling banyak menyerang. influenza adalah satu jenis penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus di seputar saluran pernapasan. Sistem pernapasan meliputi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Pada tingkat yang sangat parah, penyakit ini bisa mengganggu aktivitas pengidapnya.

Ada beberapa gejala yang biasanya muncul seperti demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan. Salah satu cara untuk mencegah penularan virus penyebab flu adalah melakukan imunisasi dengan vaksin influenza. Kenapa hal itu penting?

Setiap manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Hal ini yang menjadikan adanya perbedaan tubuh dalam merespon serangan virus. Jika kamu termasuk orang yang “mudah” sakit terutama terserang flu, maka vaksinasi flu adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Setiap orang yang sudah berusia lebih dari 6 bulan dianjurkan untuk vaksinasi flu rutin satu kali dalam satu tahun. Vaksin flu berguna untuk melindungi tubuh terhadap virus influenza tipe A dan tipe B.

Pada dasarnya jenis vaksin ini cukup aman untuk diberikan pada siapapun. Namun sejumlah ahli menyebut bahwa ada baiknya tidak memberikan vaksin flu pada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Selain itu, ada beberapa golongan yang lebih diwajibkan untuk menerima vaksin yaitu wanita hamil, anak berusia 6 bulan sampai 4 tahun dan lansia di atas 50 tahun.

Kenapa Harus Satu Tahun Sekali?

Pemberian vaksin influenza, termasuk pada orang dewasa, sebaiknya dilakukan rutin setidaknya satu kali dalam setahun. Hal ini karena jenis virus influenza mengalami perubahan dalam waktu yang sangat cepat. Alhasil, perlu untuk melakukan penyesuaian dengan cara “mengganti” jenis vaksin yang diberikan pada tubuh.

Di dalam vaksin influenza terdapat virus influenza yang telah dilemahkan. Hal ini membuat virus tak akan lagi mampu menyebabkan infeksi pada orang yang diserang. Mengingat perkembangan virus yang terjadi sangat cepat, maka waktu pemberian vaksin yang satu ini pun terbilang singkat dibanding jenis vaksin lain.

Selain itu, biasanya efek imunitas atau perlindungan dari vaksin influenza hanya bertahan selama satu tahun di tubuh. Setelah lewat masa itu maka perlu untuk dilakukan vaksin ulang.  

Sebenarnya vaksin flu selalu diperbarui setiap enam bulan satu kali. Tujuannya adalah untuk melawan perkembangan dari virus influenza. Tentunya setiap  versi baru dari vaksin memiliki tingkat perlindungan dan efektivitas yang semakin baik dan menyesuaikan  jenis dari virus yang sedang menyerang.

Sayangnya, sejauh ini kesadaran masyarakat terhadap penyakit influenza masih tergolong rendah. Kebanyakan masih menganggap bahwa influenza adalah penyakit yang sama dengan pilek. Padahal keduanya  sama sekali berbeda, meski sering memiliki gejala yang hampir sama.

influenza merupakan jenis penyakit serius yang pada bisa membuat pengidapnya harus dirawat di rumah sakit, bahkan pada tingkat yang lebih parah, bisa menyebabkan kematian.

Maka vaksinasi secara teratur adalah cara paling ampuh untuk mengurangi penyebaran virus penyebab influenza. Selain itu, sebaiknya pemberian vaksin juga dibarengi dengan pola hidup yang sehat sehingga vaksin yang disuntikkan dapat bekerja dengan baik di dalam tubuh.

Pasalnya salah satu syarat untuk imunisasi influenza adalah kondisi tubuh tidak boleh dalam keadaan sakit. Kalau sudah mendekati waktu vaksin tapi kamu tiba-tiba sakit, pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli obat dan produk kesehatan, pesanan akan diantar dalam waktu satu jam ke rumah. Download sekarang untuk mendapatkan segala kemudahan mengakses kesehatan. Halodoc juga bisa digunakan untuk merencakan Lab Test, lho. Jadi kalau kamu butuh layanan pemeriksaan laboratorium, kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan Halodoc.