• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lagi Musim, ini Alasan Vaksin Influenza Penting
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lagi Musim, ini Alasan Vaksin Influenza Penting

Lagi Musim, ini Alasan Vaksin Influenza Penting

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Agustus 2021
Lagi Musim, ini Alasan Vaksin Influenza Penting

"Sebetulnya sebelum pandemi virus corona terjadi, vaksin influenza telah diketahui menjadi hal yang sangat penting. Vaksin ini akan melindungi tubuh dari ancaman berbahaya seperti gangguan pernapasan akibat influenza. Oleh karena itu, vaksin ini akan tetap penting didapatkan dengan rutin." 


Halodoc, Jakarta - Di musim penghujan, influenza atau flu adalah penyakit yang cukup sering dan paling banyak menyerang. influenza adalah satu jenis penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus di seputar saluran pernapasan. Sistem pernapasan meliputi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Pada tingkat yang sangat parah, penyakit ini bisa mengganggu aktivitas pengidapnya.

Apalagi di tengah pandemi virus corona yang masih berlangsung, setiap orang harus memiliki perlindungan ekstra. Caranya dengan menjaga kebersihan, menerapkan pola hidup sehat, dan mendapatkan vaksin. Mungkin kini beberapa orang telah mendapatkan vaksin corona, tetapi di masa yang akan datang saat pandemi telah berakhir, rasanya vaksin influenza juga tetap penting untuk didapatkan. 

Baca juga: Ini Pentingnya Lakukan Vaksin Flu di Masa Pandemi 

Pentingnya Vaksin Influenza

Setiap manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Hal ini yang menjadikan adanya perbedaan tubuh dalam merespon serangan virus. Jika kamu termasuk orang yang “mudah” sakit terutama terserang flu, maka vaksinasi flu adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Setiap orang yang sudah berusia lebih dari 6 bulan dianjurkan untuk vaksinasi flu rutin satu kali dalam satu tahun. Vaksin flu berguna untuk melindungi tubuh terhadap virus influenza tipe A dan tipe B.

Pada dasarnya jenis vaksin ini cukup aman untuk diberikan pada siapapun. Namun, sejumlah ahli menyebut bahwa ada baiknya tidak memberikan vaksin flu pada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Selain itu, ada beberapa golongan yang lebih diwajibkan untuk menerima vaksin yaitu wanita hamil, anak berusia 6 bulan sampai 4 tahun, dan lansia di atas 50 tahun.

Baca juga: Siapa Sajakah yang Perlu Vaksinasi Flu? 

Berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin influenza:

Mencegah Flu

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menerima vaksin influenza adalah cara paling efektif untuk mencegah diri dari sakit flu.

Gejala Lebih Ringan

Flu memang masih mungkin terjadi meski kamu telah divaksinasi. Namun umumnya, saat kamu sakit flu, gejala mungkin lebih ringan. 

Menurunkan Risiko Rawat Inap atau Komplikasi

Vaksinasi influenza telah terbukti menurunkan risiko komplikasi terkait influenza atau rawat inap di beberapa kelompok. Mereka termasuk:

  • Lansia
  • Wanita hamil dan bayinya
  • Anak-anak
  • Orang dengan kondisi kronis, seperti diabetes, penyakit paru-paru kronis, dan penyakit kardiovaskular.

Perlindungan dalam Masyarakat

Saat kamu melindungi diri dari flu melalui vaksinasi, kamu juga melindungi mereka yang tidak dapat divaksinasi agar tidak terkena flu. Ini termasuk mereka yang terlalu muda untuk divaksinasi atau orang yang memiliki masalah kesehatan lainnya.

Jika kamu punya pertanyaan lain mengenai manfaat vaksin influenza atau efek samping yang bisa terjadi, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan informasi yang kamu butuhkan tentang hal ini.

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Lakukan Vaksin Flu

Kenapa Harus Satu Tahun Sekali?

Pemberian vaksin influenza, termasuk pada orang dewasa, sebaiknya dilakukan rutin setidaknya satu kali dalam setahun. Hal ini karena jenis virus influenza mengalami perubahan dalam waktu yang sangat cepat. Alhasil, perlu untuk melakukan penyesuaian dengan cara “mengganti” jenis vaksin yang diberikan pada tubuh.

Di dalam vaksin influenza terdapat virus influenza yang telah dilemahkan. Hal ini membuat virus tak akan lagi mampu menyebabkan infeksi pada orang yang diserang. Mengingat perkembangan virus yang terjadi sangat cepat, maka waktu pemberian vaksin yang satu ini pun terbilang singkat dibanding jenis vaksin lain.

Selain itu, biasanya efek imunitas atau perlindungan dari vaksin influenza hanya bertahan selama satu tahun di tubuh. Setelah lewat masa itu, maka perlu untuk dilakukan vaksin ulang.  

Sebenarnya vaksin flu selalu diperbarui setiap enam bulan satu kali. Tujuannya adalah untuk melawan perkembangan dari virus influenza. Tentunya setiap versi baru dari vaksin memiliki tingkat perlindungan dan efektivitas yang semakin baik dan menyesuaikan jenis dari virus yang sedang menyerang.




Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Key Facts About Seasonal Flu Vaccine.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Flu Vaccination?
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Pros and Cons of the Flu Shot?