05 September 2018

Lakukan 5 Cara Ini agar Anak Betah di Sekolah

cara anak betah di sekolah, membuat  SI Kecil semangat ke sekolah, pendidikan anak

Halodoc, Jakarta – Membuat anak untuk menyukai kegiatan belajar mengajar di sekolah memang bukan hal yang mudah. Banyak orangtua yang kebingungan ketika Si Kecil mulai memasuki usia belajar untuk mengajak anak ke sekolah. Tidak hanya itu, bayangan anak mengenai sekolah terkadang membuatnya semakin malas untuk berangkat ke sekolah. Khususnya, jika anak masih dalam tingkat playgroup atau taman bermain.

Namun ibu tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar anak selalu semangat untuk berangkat ke sekolah dan betah berada di sekolah.

1. Temani di Awal Tahun Sekolah

Tidak ada salahnya ibu menemani anak di sekolah pada awal tahun ajaran baru. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama anak bersekolah. Berikan anak pengertian bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan. Beri pandangan pada anak bahwa di sekolah nanti, dia akan memiliki banyak teman baru dan akan banyak bernyanyi dengan guru.

Dampingi anak saat anak akan berkenalan dengan beberapa teman barunya. Saat kegiatan mengajar dimulai, ibu bisa pamit pada Si Kecil dan membiarkan Si Kecil menghabiskan waktu sekolahnya dengan teman-teman barunya. Percayakan aktivitas Si Kecil pada seluruh pengajar di sekolah. Jangan lupa juga untuk menyambut Si Kecil saat pulang sekolah.

2. Cari Sekolah yang Cukup Nyaman untuk Si Kecil

Mencari sekolah yang cukup nyaman bagi Si Kecil juga merupakan salah satu hal yang bisa ibu lakukan agar anak betah di sekolah. Carilah sekolah yang memiliki gedung menarik dengan warna warna yang cerah dan tentu dengan penerangan yang cukup. Perhatikan kebersihan di area sekolah agar anak tetap nyaman saat berada di sekolah.

3. Pilihlah Sekolah dengan Metode Belajar yang Cocok dengan Si Kecil

Selain gedung yang menarik, ibu juga bisa memilih metode belajar dalam kelas yang cocok dengan anak. Pilih sekolah dengan metode belajar yang cukup menyenangkan dan mengasyikan untuk anak usia taman bermain atau playgroup.

Sebaiknya pilihlah sekolah dengan metode belajar yang menyelipkan unsur pelatihan daya kognitif, psikomotorik, dan afektif anak. Namun, jangan lupa juga untuk memilih metode belajar yang menggunakan unsur permainan di dalamnya. Salah memilih metode belajar untuk anak usia playgroup hanya akan membuat mereka stres dan mogok untuk sekolah.

4. Banyak Mainan akan Lebih Menarik Si Kecil

Usia playgroup atau taman bermain masih masuk dalam usia anak yang senang bermain. Tidak ada salahnya ibu memilih sekolah yang memiliki banyak permainan atau memiliki banyak metode mengajar dengan belajar kelompok dan aktivitas di luar ruangan. Dengan begitu, anak tidak akan mudah merasa bosan ketika ia berada di sekolah. Terkadang mainan yang tersedia di sekolah bisa membuat semangat anak untuk berangkat ke sekolah lebih besar.

5. Guru yang Ramah

Selain faktor dari lingkungan sekolah, mencari sekolah dengan guru yang ramah dan memahami psikologi anak juga sangat diperlukan. Tentu dengan guru yang ramah dan penyayang, anak-anak tidak akan merasa takut dan tertekan ketika berada di sekolah. Hubungan baik antara guru dan anak juga sangat memengaruhi kenyamanan anak saat berada di sekolah.

Jangan lupa siapkan bekal yang menarik untuk anak di sekolah. Selain menyiapkan sekolah anak, ibu juga perlu menyiapkan mental anak untuk sekolah. Jika ibu memiliki pertanyaan seputar persiapan anak di sekolah, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: