25 October 2017

Lakukan Gerakan Ini untuk Mengecilkan Lengan

Lakukan Gerakan Ini untuk Mengecilkan Lengan

Halodoc, Jakarta – Selain perut, bagian tubuh lainnya yang juga sering dikeluhkan oleh para wanita karena terlihat besar adalah lengan atas tangan. Memiliki lengan yang gemuk memang bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.  Selain berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan berikut untuk mengencangkan dan membuat lengan tangan menjadi lebih kecil.

Beberapa gerakan berikut bertujuan untuk melatih otot lengan atas atau bisep, dan melatih lengan bagian bawah atau triseps. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu selama lima menit sebelum melakukan gerakan-gerakan berikut ini, ya:

1.  Alterning Curls
Latihan alterning curls ini sangat mudah dilakukan dan hanya menggunakan dumbbell atau barbell sebagai alat latihan. Bagi yang masih pemula, kamu bisa menggunakan barbell seberat setengah kilo atau satu kilo saja. Awali gerakan dengan berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, dan masing-masing tangan memegang barbell. Kemudian lakukan gerakan curls, yaitu lengkungkan tangan dan angkat barbell ke arah depan dada lalu luruskan kembali ke bawah. Lakukan dengan tangan kanan lalu tangan kiri secara bergantian selama satu menit.

2.  Memutar Pergelangan Tangan
Masih dalam posisi alterning curls dan memegang barbell, angkat kedua tangan lurus ke samping dan sejajar dengan bahu, lalu turunkan kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 15 kali, jeda dengan istirahat sebentar, kemudian lanjutkan kembali dengan mengulangi gerakan tersebut sebanyak 15 kali.

3.  Press Up
Gerakan press up hampir sama dengan push up. Posisikan tubuh dengan tidur tengkurap, kemudian angkat tubuh menggunakan lengan seperti gerakan push up, tapi jaga agar posisi kaki tetap lurus dan lutut tidak boleh menyentuh lantai atau matras. Pastikan tubuh membentuk garis miring dari mulai bagian kepala sampai kaki. Kemudian turunkan tubuh secara perlahan dengan menekuk siku sampai ketinggiannya sama dengan dada. Tubuh pun akan membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Lalu angkat kembali tubuh dan ulangi gerakan sebanyak 10 sampai 15 kali.  

4.  Close-grip Wall Push up
Berdiri di depan dinding dengan lengan lurus ke depan dan telapak tangan menyentuh dinding. Dekatkan tubuh ke arah dinding dengan menekuk siku. Angkatlah tumit dari lantai saat tubuh mendekat ke dinding agar posisi tubuh lurus. Dorong kembali tubuh menjauhi dinding dan ulangi 10 sampai 15 kali. 

5.  Bench Dips
Gunakan sebuah kursi yang kokoh dan stabil (tidak mudah bergeser), duduk dan cengkram bagian tepi depan kursi dengan kedua tangan, lalu majukan kaki sejauh beberapa sentimeter dari kursi untuk memudahkan kamu melakukan gerakan bench dips ini. Kemudian turunkan tubuh ke bagian depan kursi sampai lengan membentuk sudut 90 derajat, sedangkan posisi lutut dan panggul sejajar. Angkat kembali tubuh ke atas kursi dan ulangi gerakan ini 10 sampai 15 kali.

6.  Triceps Kickbacks
Seperti namanya, latihan ini khusus untuk melatih bagian otot lengan bawah atau trisep. Caranya, berlututlah dengan kaki kanan menyentuh lantai dan condongkan tubuhmu ke depan. Angkat siku kiri dan naikkan lengan ke belakang tubuh sejauh-jauhnya. Tekuk siku kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali. Kemudian, ganti dengan menggunakan lutut kiri sebagai tumpuan dan ulangi gerakan ini dengan lengan kanan.


Dengan melakukan gerakan olahraga yang dikhususkan untuk melatih otot lengan ini, maka akan lebih efektif untuk mengecilkan lengan. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan lengan proposional yang kamu idamkan. Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter seputar cara menjaga kebugaran tubuh melalui aplikasi Halodoc. Jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui metode Voice/Video Call, dan Chat kapan saja dan di mana saja. Melalui aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang kamu perlukan lho. Tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.